Kirab Budaya Gunungkidul

Ada yang tahu apa itu kirab budaya? Jadi kirab budaya itu lebih sering disebut sebagai rasulan ataupun bersih desa. Kegiatan budaya yang hanya ada di Gunungkidul ini merupakan kegiatan yang sudah turun-temurun yang bertujuan untuk merayakan hasil panen atau istilahnya pesta panen. Waktu pelaksanaannya pun tak tentu setahu saya berdasarkan penanggalan Jawa (dan saya kurang paham soal tanggal jawa -_-). Setiap desa memunyai patokan tanggal sendiri sehingga kirab budaya di setiap desa waktunya berbeda. Dan kebetulan sekali kirab di desa saya tahun ini bertepatan dengan bulan Agustus dimana masyarakat Indonesia merayakan hari kemerdekaan.

Tahun ini merupakan pertama kalinya diadakan pawai budaya. Tradisi yang dilakukan masyarakat pada tahun-tahun sebelumnya hanya membuat nasi uduk yang ditaruh dalam baskom kemudian di atasnya ditaruh ayam utuh yang sudah dimasak (apa ya namanya, klo istilah Jawa ‘Ingkung’). Oh ya disekeliling ayam tersebut terdapat sayuran mentah (istilah Jawa ‘rawis’) yang dicincang dan dicampur sambal dengan bumbu tertentu. Ini sayur enak banget +pedes + segar soalnya langsung sayur mentah. Favorittt banget klo lagi di rumah, klo pas di Lombok adanya plecing. Kok jadi ngomongin makanan ya.

Kegiatan yang dilakukan? Biasanya ada lomba-lomba selama sebulan itu, ada voli, sepak bola, pagelaran wayang, campursari, atau kesenian seperti jathilan (yang sebenarnya sy kurang sreg, iya memang warisan budaya yang harus dilestarikan namun menurut saya kesenian itu kurang relevan dan ga sejalan dg Islam). Adalagi biasanya masyarakat desa bagi-bagi nasi ke saudara dan mengundang rekan kerja atau teman untuk makan di rumahnya. Nah, ini nih tradisi yang sering ditunggu-tunggu. Jadi biasanya banyak sekali anak sekolahan yang bawa temannya sekelas atau malah lebih, bahkan sudah dijadwal :’D tanggal ini bulan sekian ke rumah siapa trus gantian bulan depannya ke rumah siapa, hihii

Hmmm apalagi yah, tentang pawai? Sebenarnya saya sedang tidak ada di rumah jadi saya tidak bisa bercerita banyak soal pawai. Dokumentasi di postingan saya ambil dari media sosial teman saya. Btw terimakasih banyak teruntuk teman saya yang sudah posting foto ini.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.