[Katanya] Amanah Tak Akan Salah Memilih Pundak

Saat saya menulis postingan ini seharusnya saya berjibaku dengan tugas-tugas kuliah saya, dengan deadline yang harus segera saya kejar. Namun rasanya ingin refresh sejenak. Meninggalkan rutinitas ‘nugas’ barang beberapa menit saja.

Sepertinya ini adalah postingan pertama saya tentang amanah. Alhamdulillah wa syukurillah rasanya bersyukur sekali bisa sampai di titik ini. Dipercaya dan diberi amanah yang terkadang saya pun merasa belum pantas sama sekali. Namun, mereka orang-orang yang ada di sekitar saya selalu menguatkan bahwa amanah itu tak akan salah memilih pundak. Tapi tetep aja masih ada rasa ga siap.

Awalnya saya memang punya target bisa menjadi staff salah satu organisasi kampus. Udah satu organisasi aja, satu amanah cukup. Namun, ntah kenapa tetiba teman-teman juga memberi amanah saya untuk pengurus organisasi lain. Ditambah lagi pengurus kegiatan-kegiatan kampus yang bisa dibilang itu acara penting. Baru saja mau mengundurkan diri untuk salah satu kepengurusan tapi ga diizinin eh dikasih amanah dari organisasi lain juga dengan tugas yang sama pula, bendahara. Kadang merasa sanggup ga ya. Tapi klo baca ceritanya mb Dewi yang beliau mengemban 13 amanah dalam 10 organisasi aja bisa, masa saya yang hanya setengahnya ga bisa. Jadi ya optimis aja pasti bisa.

Dan kemarin baru saja saya dapat amanah baru yang sebenarnya saya merasa sangat-sangat belum pantas untuk mengemban amanah tersebut. Merasa belum pantas? Merasa belum siap? Takut? Ragu? Yaa pastinya ada. But it’s really chalenging. Menjadi seorang murobi padahal saya mah apa remah-remah dan ilmu agama pun juga masih seujung kuku mending klo seujung jari ya, hehee. Namun dengan berbagai pertimbangan akhirnya insyaAllah saya siap menjalankan amanah tersebut. Kalo nunggu siap mah kapan mau siap. Sambil belajar, berproses juga. Bismillah.

Yang ada dipikiran saya saat ini hanya saya ingin bermanfaat bagi orang lain. Memang ilmu saya belum cukup. Tapi bukankah Rasullullah pun telah bersabda โ€œSampaikanlah dariku walau hanya satu ayatโ€ (HR. Bukhari). Saya ingin apa yang telah saya dapat selama ini juga didapat oleh orang lain. Ibarat sebuah teko dan mug. Saya ingin seperti teko yang selalu selalu diisi namun juga memberi apa yang didapatkan sehingga ga mungkin isi teko itu bakalan tumpah dan malah mengotori (merugikan) nampan (lingkungan di sekitarnya). Sebaliknya mug, dia diisi terus menerus yang bisa jadi lama-kelamaan akan penuh dan isinya tumpah. Pun teko itu akan selalu bersih dalamnya karena pada dasarnya secara tidak langsung ada sebuah perpindahan didalamnya, akan selalu direfresh, dan tentunya update. Mug, isinya akan mengendap begitu-begitu saja.

Harapan terbesar saat ini, saya berharap supaya saya bisa menjalankan dan menjaga amanah yang diberikan kepada saya. Saya akan berusaha melakukan hal terbaik sebisa dan semampu saya serta berusaha tidak mengecewakan mereka yang telah memberi amanah. Walaupun terkadang saya merasa masih belum pantas namun saya yakin ini bagian dari rencana terbaikNya. “Bisa jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan bisa jadi kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.โ€(QS. Al Baqarah : 216).

Ya alhamdulillah harus banyak-banyak bersyukur. Diluar sana banyak yang ingin mengemban amanah ini itu tapi belum beruntung. Intinya mah banyakin bersyukur dan ambil hikmahnya aja.

Bicara tentang hikmah sebenarnya banyak sekali ya benefitnya ikut organisasi apalagi sampai diberi amanah. Kalau menurut pribadi saya sendiri ini benefitnya :

  1. Menambah wawasan dan pengalaman itu pasti
  2. Belajar bersosialisasi
  3. Meningkatkan soft skill. Toh ga selamanya kita bakalan duduk di kelas terus, in the real word kita bakal kerja bersosialisasi jadi secara tidak langsung kegiatan seperti ini sangat membantu kita
  4. Kita lebih open-minded
  5. Lebih terbuka, toleransi, belajar mengontrol ego, dan tentunya menghargai hak setiap orang
  6. Mindset akan terbentuk
  7. Nambah relasi dan teman
  8. Nambah percaya diri dan berani show off (tapi jangan berlebihan juga ya, hihi). Ini nih kerasa banget, dulu saya orangnya cupu, pendiam, pemalu, ga pede, penakut gitu, tapi sekarang alhamdulillah ngrasa beda aja gitu ya walaupun masih pendiam tapi kadang malah malu-maluin juga.

Intinya sih selama kita mau belajar why not?

Tidak ada maksud untuk menggurui atau apapun. Mari belajar dan berproses bersama. Mari memberi kebermanfaatan dan menginspirasi dimanapun kita berada. See you on top guys ๐Ÿ™‚

Imam Muslim dalam shahihnya, dari hadits Abu Hurairah radhiyallahu โ€˜anhu meriwayatkan :

ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ุณูŽู„ูŽูƒูŽ ุทูŽุฑููŠู‚ู‹ุง ูŠูŽู„ู’ุชูŽู…ูุณู ูููŠู‡ู ุนูู„ู’ู…ู‹ุง ุณูŽู‡ู‘ูŽู„ูŽ ุงู„ู„ู‡ู ู„ูŽู‡ู ุจูู‡ู ุทูŽุฑููŠู‚ู‹ุง ุฅูู„ูŽู‰ ุงู„ู’ุฌูŽู†ู‘ูŽุฉูุŒ ูˆูŽู…ูŽุง ุงุฌู’ุชูŽู…ูŽุนูŽ ู‚ูŽูˆู’ู…ูŒ ูููŠ ุจูŽูŠู’ุชู ู…ูู†ู’ ุจููŠููˆุชู ุงู„ู„ู‡ู ูŠูŽุชู’ู„ููˆู†ูŽ ูƒูุชูŽุงุจูŽ ุงู„ู„ู‡ู ูˆูŽูŠูŽุชูŽุฏูŽุงุฑูŽุณููˆู†ูŽู‡ู ุจูŽูŠู’ู†ูŽู‡ูู…ู’ ุฅูู„ู‘ูŽุง ู†ูŽุฒูŽู„ูŽุชู’ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ูู…ู ุงู„ุณู‘ูŽูƒููŠู†ูŽุฉูุŒ ูˆูŽุบูŽุดููŠูŽุชู’ู‡ูู…ู ุงู„ุฑู‘ูŽุญู’ู…ูŽุฉู ุŒ ูˆูŽุญูŽูู‘ูŽุชู’ู‡ูู…ู ุงู„ู’ู…ูŽู„ูŽุงุฆููƒูŽุฉู ุŒ ูˆูŽุฐูŽูƒูŽุฑูŽู‡ูู…ู ุงู„ู„ู‡ู ูููŠู…ูŽู†ู’ ุนูู†ู’ุฏูŽู‡ู

โ€œBarangsiapa yang menempuh suatu perjalanan dalam rangka untuk menuntut ilmu maka Allah akan mudahkan baginya jalan ke surga. Tidaklah berkumpul suatu kaum disalah satu masjid diantara masjid-masjid Allah, mereka membaca Kitabullah serta saling mempelajarinya kecuali akan turun kepada mereka ketenangan  dan rahmat serta diliputi oleh para malaikat. Allah menyebut-nyebut mereka dihadapan para malaikat.โ€


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.