Russia || Technics and Science

20180211_224114.jpg

Pemateri :

  • Teguh Imanullah (Jurusan Nanomaterials, Institute of Engineering Technology and Natural Science, Belgorod State National Research University, Russia)
  • Rujal Maldini Ichsan (Far Eastern Federal University ( S-1 Shipbuilding engineering)
  • John (Санкт Петербургский Политехнический Университет Петра Великого (СПБПУ Петра Великого) atay Peter the Great Saint Petersburg Polytechnic University)

Nah jadi, sebagai permulaan, kita akan membahas tentang Rusia itu sendiri.

Federasi Rusia (Российская Федерация) adalah sebuah negara yang membentang dengan luas di sebelah timur Eropa dan utara Asia. Dengan wilayah seluas 17.125.200 km². Rusia adalah negara terbesar di dunia. Memiliki zona waktu UTC +2 sampai +12. Wilayahnya kurang lebih dua kali wilayah Republik Rakyat Tiongkok (Tiongkok, RRT), Kanada, atau Amerika Serikat. Penduduknya menduduki peringkat ketujuh terbanyak di dunia setelah Republik Rakyat Tiongkok, India,Amerika Serikat, Indonesia, Brasil, dan Pakistan. Rusia memiliki empat musim, yaitu : musim semi, musim gugur, musim dingin (salju) dan musim panas. Secara umum saat musim dingin suhu di Rusia mencapai -20 derajat celcius, bahkan ada daerah-daerah tertentu di Siberia memiliki suhu yang cukup ekstrim, seperti Yakutsk memiliki suhu mencapai -50 derajat celcius dan Irkutsk memiliki suhu mencapai -44 derajat celcius. Sedangkan di saat musim panas memiliki suhu kisaran +32 derajat celcius, dan sama halnya saat musim panas pun, beberapa kawasan di daerah Siberia memiliki suhu yang cukup ekstrim, yaitu mencapai +40 derajat celcius bahkan lebih.

Sekolah menengah terdiri dari 3 tahun sekolah dasar, 6 tahun sekolah menengah utama dan 2 tahun sekolah menengah penuh. Ada sekolah menengah khusus di mana mata pelajaran tertentu diutamakan, misalnya bahasa, matematika, fisika dan lain-lain. Sejumlah perguruan tinggi mengikuti sistem Barat dan mempunyai dua peringkat: Bachelor (4 tahun) dan Magisratura (2 tahun) tetapi kebanyakannya tetap sesuai sistem lama yaitu tanpa gelar BA dan MA (para tamatan diberi kualifikasi saja, misalnya guru sekolah, penerjemah, insinyur dan lain-lain). Selain itu pun perguruan tinggi di Rusia memiliki jenjang pendidikan specialist, yaitu berupa jenjang pendidikan di perguruan tinggi yang lamanya 5-6 tahun atau setara dengan Magisratura atau diatas Bachelor dan setelah lulus dapat langsung melanjutkan ke jenjang doctoral tanpa harus menempuh pendidikan Magistratura.

Rusia menyediakan beasiswa khusus untuk mahasiswa asing, yang mana pendaftarannya dibuka setiap tahun. Bagi yang berminat mendaftar bisa mengunjungi situs resminya di https://russia.study/en untuk melakukan proses pendaftarannya, selain itu PPI Rusia juga menyediakan group telegram https://t.me/infobeasiswarusia sebagai sarana untuk berdiskusi mengenai proses pendaftarannya.

Biaya hidup di Rusia pun cukup terjangkau. Di kota besar, biaya hidup sekitar 350 USD – 550 USD / perbulan, transportasi 50 USD / bulan, tempat tinggal 50 USD – 100 USD / bulan. Di kota kecil atau daerah, biaya hidup sekitar 200 USD – 350 USD / perbulan, transportasi 35 USD / bulan, tempat tinggal 25 USD – 75 USD / bulan

Sebelumnya, buat temen-temen yang belum sempat baca atau baru gabung, selamat datang. Nah, kita bakal ke jurusan saya yaitu nanomaterial. Yang mungkin agak asing bagi kita, orang Indonesia.

Nanomaterial adalah ilmu yang mempelajari rekayasa material organik maupun anorganik dalam skala nanometer. Nah, dalam pembelajarannya ukuran nano disini adalah antara (1-100) nm. Teknologi nano meliputi pencitraan, pemodelaan, pengukuran, fabrikasi dan memanipulasi sesuatu pada skala nano. Fenomena2 unik yang dapat diamati pada sifat-sifat magnetik, mekanik , listrik, termal, optik, kimia dan biologi. Ketika ukuran butir bahan magnetik diperkecil hingga skala nano, bahan feromagnetik berubah menjadi bahan superparamagnetik. Salah satu sifat mekanik bahan adalah kekuatan luluh yaitu batas maksimum kekuatan suatu bahan sebelum mengalami deformasi plastis (berubah bentuk). Jika ukuran butir suatu logam atau keramik lebih kecil dari ukuran butir kritis (<100 nm), sifat mekanik bahan berubah dari keras menjadi lunak. Efek termoelektrik adalah konversi langsung perbedaan temperatur menjadi beda tegangan atau sebaliknya. Efisiensi efek termoelektrik akan meningkat pada bahan beskala nano. Partikel logam/semikonduktor berukuran nano memiliki warna emisi berbeda dibandingkan partikel tersebut dengan ukuran skala mikro. Jadi intinya dengan nanoteknolgi maka setiap bahan / material akan memungkinkan pengurangan berat disertai dengan peningkatan stabilitas dan meningkatkan fungsionalitas. Kenapa menjadi penting ukuran nano? Karena ternyata pada ukuran nano seluruh parameter kehidupan baik biologi, elektronik, atau yang lainnya itu bisa dikontrol secara teknis.

Nah dalam me nanokan material sendiri ada dua metode yaitu bottom-up (dari ukuran yang lebih kecil dari nano ke ukuran nano) dan top-down (dari ukuran yang lebih besar dri nano ke ukuran nano)

Untuk perkuliahan sendiri, di Rusia pada tahun pertama kami digabungkan dengan mahasiwa dari jurusan teknik material karena untuk pelajaran dasarnya sama yaitu matematika, fisika, kimia anorganik dan organik. Di jurusan nanomaterial ini, kami digabungkan kedalam kelas engineering jadi bukan kedalam kelas ilmu murni. Nah, didalam pembelajarannya sendiri, dengan sistem pendidikan di Rusia, terdapat tiga jenis kelas. Pertama, kuliah (lecture) dimana dosen hanya menyampaikan materi secara satu arah pada umumnya atau menjelaskan teori-teori dan perhitungan. Kedua, praktek dimana kita dibagi kedalam grup yang lebih kecil dan kemudian melakukan diskusi atau membahasa soal-soal dan seputar hal yang tak dimengerti. Ketiga, kelas laboartorium.

Nah, berikutnya kita akan membahas mata kuliah apa saja yang didapatkan di jurusan nanomaterial. Disini kami mempelajari pelajaran teknik dasar pada tahun pertama (sama seperti di Indonesia) seperti matematika, fisika, kimia, gambar teknik, dan pemograman. Dan juga beberapa mata kuliah tambahan seperti ekonomi, sejarah, olahraga, bahas asing, filosofi, dsb. Secara umum setelah tahun pertama di nanomaterial akan mempelajari hal-hal seperti mekanika kuantum, konstruksi material, detail mesin, manajemen produksi, elektroteknika dan elektronika, fisika dan kimia dari nanomaterial dan nanosistem, komputasi, metrologi dan sertifikasi nanomaterial dan nanosistem, korosi, dasar pengelasan, baja dan alloy serta modifikasi permukaan dan lapisan nano.

Salah satu keunggulan di sini adalah kita akan praktek lapangan setiap tahunnya di pusat nano milik kampus dan pemerintah Rusia, dimana mahasiswa akan diarahkan untuk “mengurusi” material2. Nah, selain itu tidak harus menunggu di akhir semester genap untuk praktek disana. Teman-teman cukup dengan mengajukan penelitian atau semisal mau ikutan konferensi internasional, nah kan butuh penelitian, dsb. Kampus bakal bantuin dengan membantu penelitian di nanocenter.

Untuk lapangan pekerjaan sendiri, telah banyak perusahaan multinasional yang membutuhkan nanotechnologist, seperti Rusnano (perusahaan Rusia), Siluria technologies (USA), Intel Corporation (USA), Samsung Coorporation (Korea), dll. Untuk di Indonesia sendiri, terdapat beberapa perusahaan seperti PT Nanotech Herbal Indonesia yang memproduksi bahan baku nano herbal, PT Langgar Nanotech Indonesia (mineral dan energi), PT Sinergi Nanotech Indonesia (analisa risiko).

Untuk implementasinya, jurusan nanomaterial ini bukanlah jurusan yang dikhususkan untuk satu wilayah bidang keilmuan, melainkan sangat luas meliputi : kesehatan, perminyakan, elektrik, plastic, hingga ke pangan. Banyak contoh penggunaan nanomaterial di kehidupan sehari-hari, paling kecil adalah saringan air kotor yang kemudian menjadi bersih dengan menyaring kotoran tsb memakai nanomaterial. Untuk pangan ada nano-ingredient, nano-emulsi, nano-enkapsulasi, dan nano-material additive pada produk-produk susu, nutritional drink, dan pengemas, dll.

Untuk pilihan risetnya sendiri, tiap kampus memiliki cakupannya masing-masing. Untuk dikampus saya, teman-teman disini lebih ke arah pembuatan alloy. Ada beberapa kampus yang mengambil spesialisasi di bidang ke elektrikan.

Ada cukup banyak kampus untuk spesialisasi nanomaterial, seperti Belgoros State University, National Research of Technology university, Tomsk Polytechnic University, dll.

Untuk nano sendiri, disni banyak spesialisasi selain nanomaterial. Ada jurusan nanosystems and microsystems engineering, nanoengineer, nanotechnologies and nanomterials.

Untuk pekerjaan, jurusan nano ditempatkan di bagian pengembangan mutu dari perusahaan tersebut atau di bagian penelitian kampus-kampus.

==========================================

Selamat sore saya rujal maldini, di russia saya sedang melanjutkan s-1 untuk teknik perkapalan.

Teknik perkapalan di FEFU( Far Eastern Federal University).
Setiap tahunnya menerima mahasiswa baru dalam 2 group dan setiap groupnya hanya ada 20-25 mahasiswa/i.

Disini kita belajar tidak mengunnakan sistem SKS seperti di Indonesia, disini kita kuliah per semester dimana mata kuliah sudah ditentukan oleh jurusan tiap semesternya. Untuk program s-1 yang saya ambil itu berlangsung selama 4 tahun dan tidak bisa lebih cepat atau lebih lama lulusnya mungkin sistemnya lebih mirip seperti kita di sma.

Untuk semester 1 dan 2 disini tidak beda jauh dengan jurusan teknik di Indonesia dimana kita mendapatkan mata kuliah dasar seperti kalkulus, fisika, kimia dan beberapa mata kuliah awal yg sesuai dengan jurusan yg kita ambil sebagai contoh ( teknik gambar , ensiklopedia kelautan,dll)

Setiap semester untuk masing-masing mata kuliah selalu ada ulangan harian/quiz, seminar, lab , dan uas . Disini kita tidak ada UTS.

Untuk sistem ujian disini ada yg namanya zacet dan exam.
Ketika UAS setiap mata kuliah yg ada akan dikelompokkan menjadi dua:

Mata kuliah untuk exam dan zacet.

Ketika uas , Zacet ini hanya akan ada tulisan lulus( tidak terdapat nilai), Sedangkan exam ada nilai dari 3-5.
3-C
4-B
5-A

Setiap uas kita dituntut untuk lulus dari semua zacet dan exam.
Jika ketika zacet kita tidak lulus atau exam kita nilai dibawah 3 kita akan diberi waktu 2 bulan untuk ujian ulang dan sampai batas waktu yg di tetapkan kita tetap tidak menutup exam atau zacet maka kita akan diberikan kesempatan ujian terkahir ( komissia) dimana hasil ujiannya mutlak dan jika gagal otomatis akan di D.O.

Di semester ke 4 kita diwajibkan untuk memilih penjurusan dan untuk teknik perkapalan dibagi menjadi konstruksi atau design dan mesin.

dan setiap akhir semester genap kita selalu ada praktikum di galangan kapal atau konsultan teknik selama 2-3 minggu.

==============================================

Silahkan Ka John waktu dan tempat saya persilahkan

Saat ini saya sedang menyelesaikan penelitian ttg Magnetohydrodynamics (konsep yg menggabungkan antara Listrik Magnet dan fluid dynamics). Jurusan dimana sy kuliah dinamakan Department of fluid dynamics, heat transfer and combustion). Pada dasarnya saya belajar Matematika-Fisika-teknik (three in one).

Saya sarankan bagi yg akan mengambil jurusan teknik apapun yg ada kaitannya dgn Fisika, diharapkan mengerti konsep fisika dasar dan mata kuliah fisika lanjut dgn baik. Untuk mengerti konsep fisika dgn baik, perlu banyak membaca berbagai sumbur buku2 fisika (textbooks bukan slide presentasinya dosen).

Jadi didalam semua kasus teknik (khususnya yg ada Kaitannya dgn Fisika), ternyata pertama kita perlu mendefinisikan dgn baik masalah yg akan kita selesaikan, mencantumkan syarat batas dan menerapkan teori yg mendasari kasus itu kemudian mengubahnya dlm persamaan matematika.

Hal yg lebih penting lagi adalah belajar terminology dlm teknik khususnya bahasa Rusia. Penting utk pahami bahasa rusia sebagai bahasa pengantar dlm kuliah.

Teman segroup saya semuanya org Rusia. Kami ada sembilan org. Satu hal yg sy bljr dari Mereka adalah kekompakkannya dan keseriusan dlm menyelesaikan projects sebelum wktunya. Jangan malu untuk bertanya jika ada yg Anda tdk pahami. Berusahalah utk percaya diri tapi tetap rendah hati.

Sebisa mungkin berbaurlah dgn org Rusia dan pelajarilah karakter Mereka khusus dlm hal menganalisa suatu persoalan dlm teknik dan sains.

Untuk masuk ke jurusan teknik, saya sarankan utk memiliki etos kerja cerdas yg cukup, dan sebisa mungkin jgn sering menunda-nunda project yg bisa diselesaikan hari ini. Menurut pengamatan byk Mahasiswa yg stress dlm kuliah adalah karena Mereka sering menumpuk pekerjaan kampus

Saya belajar tentang aplikasi fisika-matematika-teknik dalalm Industri kecil, menengah dan besar dgn pendekatan modelling dan simulasi.

Fisika itu bukan bicara soal rumus2 yg hrs dihafal, tetapi bagaimana kita bisa menganalisis persoalan scr fisis hingga menemukan solusi. Hal yg menarik dari fisika adalah proses menganalisa hingga menemukan solusi. Sangat senang sekali jika Anda menemukan solusi dari suatu persoalan fisika melalui proses analisa.

Untuk memiliki kamampuan menganalisa yg kuat, kata Professor saya, banyak baca textbooks, tulis kmbli hal2 penting dan terapkan itu dlm suatu persoalan fisika dan fisika teknik.

Saya pikir untuk masuk ke jurusan S2 teknik di Rusia, kalian semua pasti bisa masuk
Pesan saya adalah kuasai fisika dasar, fisika lanjut dan Matematika (Calculus) dgn baik dalam bahasa indonesia, bahasa inggris khususnya terminologinya (bahasa ilmiah tekniknya); Kalau hal itu sdh dikuasai sy pikir utk menguasai terminolig fisika teknik dlm bahasa rusia akan jauh lebih mudah.

Terima kasih

==============================================

TANYA JAWAB

Apakah dirusia ada jurusan industrial engineering sendiri? Karena sebagian besar kadang dijadikan satu dengan mechanical atau yang lainnya. Kalau ada univ mana yang Bagus? Dan bila dapat beasiswa full ke Rusia apakah tetap harus memiliki tabungan 50-100juta? Terima kasih. Mohon penjelasannya

Untuk jurusan industrial engineering, ada. Dan untuk biaya 50-100 juta itu ga diperlukan. Untuk kampus riset, sebaiknya ambil yang ada National Research nya, karena kampus yg ada label itu menjadi tumpuan utk riset2 di Rusia.

Untuk industrial engineering saya juga kurang begitu mengetahui ada atau tidak di russia , cuman untuk di kampus saya tidak ada , untuk univ mana yang bagus menurut saya setiap univ punya kelebihan masing2.

Mungkin untuk informasi

Harus ada national research dan sebagai contoh jika ingin mengambil teknik perminyakan (gubkin state univeristy oil)

Untuk teknik perkapalan (СПБГМТУ di saint Petersburg dan FEFU)

Kalau di sana sistem perkuliahan S2 full kuliah biasa disertai thesis spt disini atau ada yg full penelitian kak?

Kuliah + Thesis.

Di Rusia hnya satu kali Ujian (tdk seperti di Indonesia, ada UTS dan UAS) dan ujiannya lisan.

Semua ujiannya lisan.

=> Bagaimana sistem silabus, ujian, suasana pembelajaran dan lectures di Rusia untuk program sarjana jurusan Applied Physics and Mathematics?

=> poin-poin apa yang harus saya tekankan agar diterima di program Applied Physics and Mathematics, Bachelor’s degree?

=> Apa bedanya Program department, Faculty, School dan institusi yang terdapat di Universitas di Rusia?

-J-

Untuk kelas bahasa , seperti pengalaman saya di fefu Kita belajar bahasa 1 tahun (2 semester ) dan setiap siswa dikelompokkan berdasarkan jurusan seperti teknik, sosial ,dll.

Dan untuk kelas bahasa group teknik di semester 1 kita akan belajar bahasa russia dan di semester 2 kita akan belajar bahasa russia dan ditambah matematika , fisika , kimia dan IT dalam bahasa russia.

1). Pada umumnya di Rusia, sistem paket jadi masuk kuliah sama2 lulus juga sama2; suasana kuliahnya berupa lecture, Laboratorium (praktikum), bikin laporan (laporan dikirim ke dosen kemudian jelaskan kembali semua yg kita tulis dlm laporan itu; biasanya dosen akan bikin pertemuan dgn mahasiswa atau kadang Mahasiswa yg bikin janji), ujiannya lisan dan hanya satu kali. Sistem penilaiannya menggunakan sistem 1 2 3 4 5 (dari buruk ke sangat bagus);

2). Kembali lagi lihat penjelasannya saya;

3). Biasanya program di jurusan ini ditetapkan pada tingkat fakultas namun keputusan akhir nanti lihat di pengumuman Department.

By the way saya juga program Applied Physics and Mathematics tapi yg master program.

Saya kuliah di program Applied Physics and Mathematics; Institute of Mathematics and Mechanics; Department of Fluid dynamics, Heat transfer and Combustion.

-T-

Untuk pertanyaan pertama, sistem pendidikan di tiap jurusan di program sarjana sendiri di Rusia, hampir2 mirip. Untuk silabus sendiri, sudah disediakan di situs kampus, begitu juga ujian, semua jadwal dan silabus serta pertanyaan yg akan di ujikan sebagian besar ada di situs. Suasana di sni, trgantung dri topik yg dibahas. Ada yang seru, ada yg biasa aja. Kalo lecture, kita kebanyakan mendengarkan teori yg disampaikan dosen, bisa dikte atau slide atau sejenisnya.

Untuk perbedaan (kasus di Rusia)
Departemen : semacam lembaga untuk jurusan, misal jurusan mtk, departemen mtk.
Faculty : fakultas, dmn lebih banyak ke teori.
School : sekolah biasa
Institusi : lebih banyak ke arah penerapan ilmu itu sendiri

Tapi semakin kesini perbedaan antara fakultas dan institut, hanya trletak pada namanya saja.

Begitu mas.

awardee beasiswa apa ya Ka Rujal Ka Teguh Ka John?

Russian Government Scholarships


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.