Pemanfaatan Big data untuk Pelayanan Info Cuaca BMKG

Oleh : Hesti Hati Nurani

Kelas : Instrumentasi 5B

(Postingan ini diikutsertakan dalam rangka STMKG IPTEK EXPO 2018)

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) adalah lembaga pemerintah non departemen yang memiliki tugas dan fungsi untuk mengobservasi, mengumpulkan, mengolah, menganalisa dan menyebarkan data meteorologi klimatologi dan geofisika kepada masyarkat luas. Produk akhir yang dihasilkan oleh BMKG adalah data sehingga pengelolaan data yang baik merupakan salah satu hal pokok dari pekerjaan BMKG. Yang termutakhir saat ini adalah adanya teknologi big data untuk pengelolaan data dalam jumlah besar, kecepatan pembentukan data yang tinggi, dan variasi jenis data yang beragam dan kompleks.

Implementasi teknologi artificial intelligence (AI) mengalami perkembangan yang sangat signifikan yang didukung oleh teknologi big data dan high performance computing (HPC). Teknologi ini diperkirakan akan popular dan memiliki dampak terbesar di masa depan. Beberapa perusahaan dan lembaga pemerintah telah menerapkan teknologi big data ini guna meningkatkan nilai tambah informasi bagi pengguna. Hal ini juga perlu dilakukan BMKG untuk menerapkan teknologi big data dan artificial intelligence (AI) sehingga meingkatkan nilai tambah informasi layanan BMKG.

Perlu dilakukan langkah nyata untuk mengembangkan system pengolahan data berbasis big data dan model AI, peningkatan kecepatan dan ketepatan layanan informasi MKG menggunakan big data dan AI, serta implementasi teknologi big data dan pemanfaatan model AI di lingkungan BMKG.

Baru-baru ini BMKG meluncurkan sebuah prakiraan cuaca digital berbasis tingkat kecamatan dengan nama National Digital Forecast demi memenuhi kebutuhan info cuaca masyarakat secara cepat, tepat, akurat dan detail sesuai dengan kebutuhannya. Menurut kepala badan BMKG, Ibu Dwikorita, kini BMKG tengah sibuk mengembangkan forecast based impact dengan melihat data daerah terdampak sehingga skala dipersempit hingga tingkat kecamatan. Sistem big data analytic dan artificial intelligence juga terus dimanfaatkan guna meningkatkan ketangguhan pangan, kesehatan dan sebagainya.


2 thoughts on “Pemanfaatan Big data untuk Pelayanan Info Cuaca BMKG

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.