Sampah di Kawasan Rel Kereta, Bukan Lagi Hal Sepele

575c67c3-73bd-4f40-b82f-d520faf4dcc0_169

Sebagai pemuda yang tinggal di Jakarta tentunya transportasi KRL sudah tidak asing lagi. Hampir setiap weekend saya menghabiskan perjalanan menggunakan transportasi kereta local tersebut. Transportasi yang sangat terjangkau dan bebas dari macet tentunya pun fasilitas dan system yang ditawarkan sangat memudahkankan penggunanya. Namun ada satu hal yang menurut saya masih kurang yakni fasilitas lingkungan stasiun kereta itu sendiri.

Miris rasanya melihat daerah sekitar stasiun terutama di pinggir rel kereta banyak sampah plastik yang berserakan pun menggunung. Tidak hanya mengganggu pemandangan tentunya, terlebih akan mengganggu saluran air maupun bahan kimia yang terkandung dalam plastic akan memengaruhi kualitas tanah. Belum lagi jika terjadi hujan akan menggenang ataupun mengikuti aliran arus menuju sungai dan pada akhirnya terbawa ke laut dan menggagu kehidupan ekosistem laut.

Menurut saya pemerintah maupun dinas perhubungan perlu mengkaji ulang akan pembangunan stasiun supaya lebih diperhatikan lagi kebersihannya. Begitupun perlu diadakannya sosialisasi dan edukasi terutama bagi masyarakat yang tinggal di daerah sekitar rel kereta. Sebagai pemuda generasi bangsa tentunya juga harus andil dalam menyelesaikan permasalahan lingkungan tersebut. Melalui aksi bersama komunitas lingkungan yang tidak hanya sekedar ide namun real action turun langsung di lapangan berkolaborasi bersama masyarakat daerah tersebut. Pun melalui media social dengan melakukan kampanye untuk menggurangi penggunaan plastic. Dan tentunya dimulai dari sendiri untuk membiasakan dan memberikan contoh kepada orang lain akan pentingnya lingkungan bebas sampah plastic.

Sumber gambar : https://news.detik.com/foto-news/d-3150172/sampah-hiasi-rel-kereta-di-kawasan-stasiun-duri


4 thoughts on “Sampah di Kawasan Rel Kereta, Bukan Lagi Hal Sepele

  1. Jalur Bandung juga gitu 😭 maunya naik kereta itu ya pemandanganya indah gitu kayak di film-film. Bukannya sampah dan pemukiman warga yang kumuh 😭
    Benar benar butuh edukasi.

    1. Yapp sepakat kak Yulia, harusnya kawasan sekitar rel kereta juga diperhatikan kebersihannya ya kak, sepertinya butuh kolaborasi banyak pihak bwt kawasan itu lebih nyaman.. hehee

  2. wah saya sudah lama ga naik kereta ke jakarta, apalagi jaman kerja di jakarta utara, naik kereta ke arah duri, ohhhh..selain ada pasar yang mepet direl,sampah dan lingkungan kumuh nya-.-‘ duh..semoga skrg udah lbh baik ya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.