Museum Wayang Jakarta Kota

Setelah sekian lama akhirnya saya ke museum lagi. Kek absurd gmn gitu ya anak jaman now ke Museum. Tapi justru kita sebagai generasi muda seharusnya bisa meningkatkan daya tarik museum sebagai tempat wisata dan belajar tentunya. Banyak sekali yang bisa dipelajari disana.

IMG_1588

Awalnya saya kurang tertarik kalau diajak liburan ke museum namun semenjak kuliah di Jogja dan punya teman jurusan sejarah jadi tertarik. Suka aja gitu, gegara maen ke kosan trus iseng baca buku sejarah dia wkwk. Atau kalau weekend mau jalan tapi maklum namanya anak kuliahan jadi liburan cari yang ramah kantong. So museum solusinya hahaa. Dan semenjak saat itu saya jadi sering ke museum entah bersama teman, keluarga, maupun sendiri.

IMG_1593

Museum Wayang yang saya kunjungi ini berlokasi di kawasan wisata kota tua dan tentunya areanya sangat berdekatan dengan Jakarta History Museum, tepatnya berada di Jl. Pintu Besar Utara No.27, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11110.

Museum ini buka setiap hari kecuali hari senin dari jam 09:00 pagi hingga jam 15:00 sore, untuk hari sabtu dan minggu tutup jam 20:00, jadi jangan berkunjung ke museum ini pada hari senin ya.

IMG_1572

Tiket masuk untuk pelajar (dengan mununjukkan kartu pelajar) sebesar 3.000 sedangkan umum 5.000. Disamping loket pengunjung akan disambut dengan sepasang wayang yang berukuran besar kurang lebih 3 meter. Kemudian akan melewati lorong dengan koleksi wayang. Nah setelah lorong tersebut ada seperti teras dengan tembok yang diukir tulisan menggunakan bahasa belanda.

Lantai 1 Museum Wayang ini tidak terlalu luas yang mana hanya terdiri beberapa macam wayang. Naik ke lantai 2 ada berbagai jenis wayang pun boneka dalam dan luar negeri. Tak kalah menarik ada juga gamelan jawa yang tertata rapi di arah pintu keluar.

IMG_1607

Hal yang saya pelajari dari perjalanan ini bahwa wayang itu tidak hanya seperti yang selama ini saya lihat dipertunjukan wayang jawa. Tapi ternyata tiap daerah punya ciri khas wayang masing-masing. Bahkan luar negeri pun mempunyai wayang yang mana biasanya disebut sebagai boneka. Ternyata Indonesia itu kaya akan budaya wayang lebih dari yang saya kira.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.