Tata Cara Melakukan I’tikaf

Rasulullah pada sepuluh malam terakhir di bulan ramadhan istiqomah melaksanakan i’tikaf, hal ini seperti yang dijelaskan dalam hadis:

كَانَ يَعْتَكِفُ الْعَشْرَ الْأَوَاخِرَ مِنْ رَمَضَانَ حَتَّى تَوَفَّاهُ اللَّهُ ثُمَّ اعْتَكَفَ أَزْوَاجُهُ مِنْ بَعْدِهِ

“Rasulullah melaksanakan i’tikaf pada sepuluh (malam) terakhir dari bulan ramadhan sampai beliau wafat, lalu (dilanjutkan) istri-istrinya yang i’tikaf sepeninggalnya” (HR. Bukhori)

Perlu kalian ketahui ya, bahwa i’tikaf itu hanya bisa dilakukan di masjid dan dilakukan dalam keadaan suci. Jadi bagi wanita yang sedang haid atau nifas tidak bisa melaksanakan i’tikaf. Lalu wanita yang istihadhoh bagaimana? Wanita istihadhoh bisa kok melaksanakan i’tikaf, asalkan dia bisa menjaga agar darahnya tidak sampai mengotori masjid, misalnya dengan disumbat dengan kapas atau pembalut.

Ketika kita sudah sampai di dalam masjid, kita langsung melafalkan niat berikut ini:

نَوَيْتُ الْإِعْتِكَافَ سُنَّةً لِلّهِ تَعَالَى

“Nawaitu al-I’tikafa sunnatan lillahi ta’ala”

“Saya niat melaksanakan i’tikaf sunnah hanya karena Allah Ta’ala”

Ketika kita sudah niat, maka pada saat itu juga kita dianggap sebagai orang yang i’tikaf. Dengan berdiamnya kita di masjid saja sudah dihitung pahala, apalagi ketika kita melakukan ibadah seperti shalat, membaca al-Qur’an dan berdzikir.

I’tikaf ini tidak dibatasi oleh waktu, meskipun kamu di masjid hanya sebentar, dan niat i’tikaf maka kamu sudah mendapatkan pahala. Dan juga waktu melaksanakan i’tikaf bisa dilakukan kapan pun, meskipun selain di bulan ramadhan. Asalkan kita dalam keadaan suci, maka kita bisa melakukan i’tikaf.

Sumber : Group Berani Berhijrah 177


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.