Titik Ledakan untuk Berubah

Beberapa hari lalu ketika saya scroll instagram, saya menemukan quote(?) yang tertera di atas. Rasanya jleb sekali, seketika saya bertanya pada diri saya sendiri “Apakah saya termasuk dalam kategori flower atau potato?”.

Keduanya sama-sama baik punya potensi maupun hal positifnya masing-masing, yang terpenting adalah NIAT. Namun jika saya harus memilih diantara keduanya saya akan memilih ‘potato’, bukan berarti saya menganggap ‘flower’ itu tidak baik.

Sekedar sharing, dulu mungkin sy tipe ‘flower’ dan mungkin memang niat saya yang salah. Seneng aja gitu share di media sosial selain blog ini mengenai prestasi, event sosial, kajian keagamaan, dan hal positif lain yang bikin orang komen wowww emejing, namanya manusia siapa yg ga suka dipuji. Btw klo catatan prestasi dll yang ada di blog ini murni ingin mengabadikan moment supaya tidak menguap dan semoga dapat menjadi inspirasi untuk anak cucu saya nantinya maupun orang lain.

Back to topic. Seiring berjalannya waktu saya bertemu seseorang yang sangat menginspirasi saya hingga saat ini. Mungkin dia kategori ‘potato’. Dibalik dia yang terlihat sedikit positifnya, ternyata setelah saya tau sedikit banyak tentang dia ada banyak hal positif dan potensi yang ia miliki tanpa ia publish.

Kala itu, saya masih ingat betul dia bolos kuliah untuk bantuin 10 sekeripsi kk tinggat yang dikumpul beberapa hari lagi, katanya. Adalagi, dia yang bantuin tugas semua temen tapi dia malah dapat nilai paling rendah. Dengan tenang bilang santai ga butuh nilai. Yaa Allah hati nya terbuat dari apa sampai sebaik itu sm orang sekitar.

Seketika saya juga pernah bertanya akan suatu hal. Dan ini jawabanya.

Benar-benar saya tertampar dengan pernyataan tersebut. Pikiran saya dipenuhi pertanyaan-pertanyaan yang pada akhirnya menjadi titik ledakan dalam hidup saya untuk berubah.

“Apakah ilmu yang saya dapat selama ini sudah saya aplikasikan dikehidupan?”

“Apakah ilmu saya memberi manfaat bagi masyarakat?”

“Apakah rangking hanya untuk mendapat pengakuan dan label dari sekitar?”

“Apakah niat saya sudah benar selama ini?”

Pun pertanyaan-pertanyaan lain yang semakin sesak memenuhi pikiran saya kala itu. Hingga akhirnya mulai sekitar setahun yang lalu saya memutuskan untuk meluruskan niat dan berhenti mengurangi upload di media sosial kecuali blog ini. Di wa, terkadang masih suka khilaf, tapi diusahakan yg ga mengundang pujian walau itu sulit. Hidup itu bukan tentang pengakuan / predikat / label dan sejenisnya. Iyaaa sesimpel itu.

Semua berproses. Aku, kamu, dan kita semua, sama-sama belajar menjadi sebaik-baiknya manusia. Maka, jika tanpa sengaja ada salah kata maupun perbuatan mari untuk saling mengingatkan satu sama lainnya.

Terimakasih telah menginspirasi, tetaplah seperti ini. Btw sy suka bingung gmn caranya berterimakasih sdh banyak bantu tugas, skripsi, dan impian2 sy. Mungkin cara terbaik adalah melalui doa, walaupun tidak akan mampu membalas kebaikkannya. Pada akhirnya, yang mampu hanyalah Dia, Allah yang Maha Kuasa.

Hikmah yang dapat diambil dari tulisan ini pada intinya adalah :

  1. Diatas langit masih ada langit.
  2. Menjadi BERMANFAAT itu yang utama. Hidup itu tentang memberi dan terus memberi tanpa mengharap imbalan apapun. Karena melihat org lain bahagia atas kebermanfaatan kita itu merupakan balasan yang lebih dr apapun tak ternilai harganya yang mampu memberi kebahagian tersendiri bagi kita.
  3. Hidup itu bukan tentang label diri. Sesimpel itu kan?

.

إِنَّ اللَّهَ لاَ يَقْبَلُ مِنَ الْعَمَل إِلاَّ مَا كَانَ لَهُ خَالِصًا وَابْتُغِيَ بِهِ وَجْهُهُ

Sesungguhnya Allâh Azza wa Jalla tidak akan menerima dari semua jenis amalan kecuali yang murni untuk–Nya dan untuk mencari wajah–Nya.[HR.An-Nasâ’i, no: 3140. Lihat: Silsilah Ash-Shahîhah, no: 52;  Ahkâmul Janâiz, hlm. 63]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.