Numpang Foto di Gunung Pancar

Selasa 20 Agustus 2019. Niat awal kami ingin ke wisata air panas di area Gunung Pancar dan ternyata google map mengarahkan kami melewati jalan ini. Alhasil kami berhenti sejenak di pinggir jalan untuk foto bersama.

Gunung Pancar yang awalnya saya kira benar-benar gunung ternyata adalah sebuah bukit di daerah Sentul. Lumayan ramai. Untuk masuk ke area Gunung Pancar kami harus membeli tiket Rp 10.000 / motor.

Overall wisata Gunung Pancar bagus, saya suka pohon pinus disana yang berjajar dan menjulang tinggi. Namun sangat disayangkan, banyaknya warga yang membangun tempat ‘wisata mandiri’ di area Gunung Pancar misalnya tempat foto, rumah pohon, ayunan, rumah hobitt, dll. Tidak hanya satu dua atau tiga, banyakkk sekali lebih dari itu. Selain itu juga banyaknya penjual makanan maupun aksesoris lainnya. Hingga beberapa kali saya menemukan sampah plastik yang dibuang tidak pada tempatnya. Ah sayang sekali. Gunung Pancar yang seindah itu sudah tidak natural lagi.

Semoga pemerintah setempat memberi kebijakan baru agar hutan pinus Gunung Pancar lebih natural lagi, lebih kerasa ademnya, lebih menyatu dengan alam. Sekian.


2 thoughts on “Numpang Foto di Gunung Pancar

  1. Karena banyak “wisata mandiri” itu keaslian alam tempatnya jadi terganggu ya. Perlu diregulasikan mungkin

    Btw itu fotonya di tengah jalan ya bukan pinggir jalan? 😂

    1. Sangat disayangkan sebenarnya, masuk area hutan namun lebih ke semacam area bermain dan foto yg instagramable. Ga kerasa lg hutannya, hehee
      Dimana aja yg penting ga di atas pohon..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.