Catatan KulGram | Dilema Anak IT : Udah Semester Akhir Gak Bisa Ngoding?

Postingan ini merupakan catatan KulGram oleh @femalegeek, saya post supaya lebih bermanfaat. Selamat membaca 🙂

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Halo perkenalkan nama saya Tita Puspitasari. Hari ini aku akan membawa materi kulgram tentang Dilema Anak IT : Udah Semester Akhir Gak Bisa Ngoding? Apa aja yang akan dibahas pada kulgram kali ini?

1. Cerita pembuka
2. Permasalahan umum yang terjadi
3. Penyampaian unek-unek dari teman-teman
4. Analisa dari permasalahan yang terjadi
5. Solusi, tips dan trick
6. Kesimpulan

Siapkan cerita unek – unek yang ingin kamu sampaikan pada kulgram ini ya teman-teman! Ingat, hari ini jam 20.00 s/d 22.00 WIB!

Pada kulgram kali ini aku akan banyak membahas topik tentang Dilema Anak IT: Udah semester akhir gak bisa ngoding? :disappointed:

Poin utama pemecahan masalah dari topik ini akan kita ambil dari sisi psikologi dengan beberapa pengetahuan teknis yang akan aku berikan kepada teman-teman pada bagian tips dan trick.

Aku memang bukan seorang Psikolog. Tapi aku harap, apa yang pernah aku alami, apa yang pernah aku baca, dan apa yang pernah aku coba praktekan kepada diriku, bisa aku bagikan, dan bisa memberikan manfaat kepada teman-teman. Dalam hal ilmu jiwa ini (Psikologi) aku masih pada tahap belajar. Oleh karena itu aku sangat open sekali menerima sanggahan, tambahan ilmu, nasehat, kritik, dan saran dari teman-teman di grup ini yang mungkin memiliki keilmuan lebih pada bidang Psikologi ini. :blush: :pray: :pray: :pray: :pray: Kita wanita adalah makhluk perasa. Dalam menjalani kehidupan, kita lebih banyak menggunakan perasaan kita dibandingkan dengan akal logika kita. Oleh karena itu bagi wanita, berada di lingkungan dimana dia merasa satu nasib. Bercerita, bercanda gurau, dan mendapatkan dukungan moril dari orang-orang sekitar yang menurut kita satu perjuangan adalah kebutuhan bagi seorang wanita. Pada kulgram ini, mari kita fokuskan diri kita untuk saling mendengarkan dan saling memberikan dukungan kepada teman-teman kita. Pernah tidak sih kalian memiliki pertanyaan-pertanyaan berikut ini di benak kalian?

“Aku bener gak sih ambil jurusan ini? Kayanya aku salah jurusan deh.”

“Kok, dia bisa sih ngoding? Aku kok gak ya?”

“Gimana sih caranya supaya bisa ngoding?” 😥

“Kok aku susah banget sih pahami coding. Setiap ada error, susah banget aku untuk bisa benerin errornya. Gimana nih?”

“Duh, aku ngoding baru ngetik aja pas dijalanin error, benerin dikit malah tambah banyak errornya. Pusing.”

“Aku mau pindah jurusan aja, tapi aku sudah di akhir semester. Aku gak bisa pindah. Jadi gimana donk?”

“Katanya kalau lulusan IT gak bisa ngoding bakalan susah cari kerja, gimana aku cari kerja kalau aku gak bisa ngoding?”

“Aku kerjain tugas kuliah aja susah untuk kodingan. Gimana nanti pas kerja?”

“Aku mau bisa ngoding. Tapi udah usaha belajar sampai sekarang aku masih belum bisa ngoding. Gimana donk?”

“Aku telat gak sih kalau baru belajar ngoding sekarang, aku udah di akhir semester ini?”

Pertanyaan-pertanyaan di atas pernah tidak muncul di batin teman-teman?

Atau adakah pertanyaan lain yang sering muncul di batin kalian?

Coba silahkan teman-teman sampaikan unek-unek atau pertanyaan-pertanyaan yang sering timbul di batin / hati teman teman. Coba sampaikan unek-unek temen-temen, tentang keluhan-keluhan saat sedang belajar conding.

gaada leader jd susah nanya kl ada kesusahan.

nah, mengenai ini.

terkadang ketika kita sedang mengalami masalah. misalnya kita hadapi error yang gak pernah kita kerjakan sama sekali. kita bingung harus bagaimana. kita juga merasa belum bisa mengambil keputusan. sehingga disini posisi kita bingung. harus bagaimana? kita harus melihat dulu. kesulitan yang sedang kita hadapi ini berhubungan dengan teknis (coding error) atau dalam hal pengambilan keputusan. Nah untuk icha ini, kesusahan yang di alami lebih ke arah mana ya?

Suka minder kalo kemampuan logikaku kalah sama2 temen2ku yg cowok :see_no_evil:

Nah, ini menarik sih. Terkadang kita merasa, duh cowo itu kalau mikir logika cepet banget. Tapi ingat, wanita itu memiliki kelebihan juga yang gak bisa dimiliki cowo. Wanita itu lebih bagus dalam hal mendisain tampilan ya. Desain UI dan UX untuk lelaki dan wanita ketika ada di level yang sama. Pasti lebih bagus yang wanita. Karena kembali lagi. Wanita itu lebih pandai memadu padankan sesuatu. Lebih bisa memahami nyamannya seperti apa.

Sebenarnya kalau saya pribadi kemauan saya untuk ngoding tu kadang naik turun pas maunya rela berjam jam depan laptop nanti dah lama gak buka lagi lupa lagi .

Wah, hebat. Berarti ini tinggal cari tahu ya, bagaimana caranya mengatur mood koding agar tetap baik.

Bingung mau mulai belajarnya dari mana

Nah, dewi. Dunia IT itu kan luas ya. Hal apa sih dari IT yang membuat kamu tertarik banget dan ada gak sih hal yang ingin kamu buat sendiri dengan kemampuan kamu sendiri?

Selalu iri dan agak minderan kak sama temen-temen yang problem solve dan ngodingnya bisa dan cepet gitu. kalo aku pas ada error itu gupuh dulu, bingung dan ga ngerti harus gimana. dalam hati pengen banget bisa, tapi kenapa gabisa se-pro merrka :sweat_smile: apa karena usahaku kurang wkwk. kenapa logika aku susah banget koneknyaaa. padahal kan anak IT logikanya harus mantep.

masalah problem solve ya, berarti masalah kamu ada di gimana sih bisa solving error? tekniknya yang cepet itu seperti apa? kok yang lain bisa cepet? benar kan seperti ini?

Kadang saya juga ngerasa gengsian mau nanya sama teman terus

Hmm.. iya sih. Berarti kamu punya dilema gimana ya caranya bisa solvingin error yang aku hadapi? apa seperti itu?

Pernah banget, Kak. :”) Kadang juga ngerasa, duh bisa ngga ya nanti aku buat program yang beneran jalan? Kayaknya project tugas aku B aja banget. Gimana nanti pas kerja. Belum lagi orangtua udah berharap besar nanti bisa bantu buatin mereka sistem informasi buat di tempat kerjanya. Belum yakin aku kak. Duh maaf ya kakak-kaka jadi curcol gini. Hehe :”)

Ah, baiklah.

Kadang klo udah asik ngoding, suka lupa sama kehidupan nyata..tiba2 udh tengah malem aja.. Itu gimana cegahnya?

nah, memang ketika kita sedang fokus. kita sering lupa sekitar. ini wajar. karena rata-rata yang lain juga ketika sedang fokus ngoding apa lagi lagi deadline ya, pasti akan lupa dengan sekeliling dan fokus dengan apa yang dikerjakan.

ini aku banget, Kak. skrg aku smt 7 tapi masih bingung belum bisa coding :’) judul udah ada cuma bingung gimana eksekusinya :joy:

wah, kalau boleh tahu apa yang regina rasakan ketika harus coding? bingung belajar dari mana atau bingung belajar bahasa apa?

………………………….

Beragam ya dilema yang dihadapi oleh teman-teman.

Cuma tetap, kembali lagi. Kita wanita. Kadang yang berat itu mengatasi kegundahan dan kegalauan di hati ya?

Intinya kembali ke gimana sih caranya nguatin diri ini? benar tidak?

Teknik POMODORO :

Itu teknik yang bagus.. Membuat kita kerja lebih efektif dan efisien. Ditambah juga ada relaksasinya.

lengkapnya gini kaak

Iya.. tapi sebenernya masalah distraksi itu kita bisa tangani sendiri. Oke, kembali lagi ke topik pembahasan kita. Mengenai Dilema Anak IT. Tentang masalah coding. Baik itu yang sudah masuk semester akhir belum menemukan cara belajar coding yang tepat untuk dirinya atau pun yang bahkan sudah lulus namun belum bisa coding dan berat dengan beban lulusan IT yang dia miliki. Seperti yang kita ketahui setiap orang dalam hidup pasti memiliki masalah dan kendalanya masing-masing.

Seperti unek-unek yang sebelumnya teman-teman sampaikan.

Ada berbagai macam unek-unek dan berbagai macam penyebabnya munculnya unek-unek tersebut. Ketika kita menghadapi suatu dilema. Hal-hal yang perlu kita lakukan adalah mencari penyebab munculnya dilema ini. Contoh tentang apa yang @aishaalula rasakan. Ketika kita baru belajar sesuatu yang baru, atau tantangan yang gak pernah kita hadapi sama sekali. Rasa takut pasti akan selalu timbul. Itu hal yang wajar. Lalu apa yang harus dilakukan? Coba dulu.. Hadapi rasa takutnya. Buat dulu programnya @aishaalula. Kalau ada masalah ketika program itu digunakan. Jadikan itu pelajaran. Disitu ilmu akan kamu dapatkan. Kamu tidak akan tahu produk kamu itu ada kekurangan atau tidak. Baik atau tidak sebelum kamu biarkan orang lain mencoba apa yang kamu buat. Rasa takut itu ada, tapi terkadang itu hanya ada didalam pikiran kita. Kalau kita tidak coba buktikan. Kita akan terus merasa takut. Mengenai dunia kerja. @aishaalula mungkin perlu ngobrol dengan teman-teman yang sudah bekerja. Supaya bisa dapat gambaran, dunia kerja itu seperti apa sih?

Nah, lihat jangan dari sisi yang serem-serem aja. Pasti ada sisi baiknya. @aishaalula harus mencari seseorang yang bisa memberikan gambaran kerja dari sisi positif. Biar rasa khawatir dan takut itu hilang. Dalam hidup, setiap dilema yang kita hadapi.

Orang yang bertanggung jawab dan orang yang mampu menyelesaikan dilema tersebut adalah diri kita sendiri.

Orang-orang yang ada di sekitar kita itu merupakan support system (sistem pendukung) kita.

Nah, support system ini sangat mempengaruhi diri kita.

Kenapa mempengaruhi?

Jika kita memiliki support system yang baik, tentu kita akan memiliki kemampuan untuk menyelesaikan masalah / dilema yang kita miliki dengan baik.

Support system ini bisa memberikan kamu nasehat yang baik, dukungan yang baik, sudut pandang lain yang bisa membuat kamu melihat sesuatu lebih luas, dan juga bisa memberikan kamu energi positif sehingga kamu merasa lebih positif dalam menjalani hidup. Siapa aja sih yang masuk dalam support system ini? Keluarga dan teman-teman kamu.

Nah, ini..

Realitanya memang seperti itu ya..

Makannya penting banget cari support system yang baik. Penting banget cari temen yang bisa diajak sharing, tapi setiap nasehat yang diberikan oleh dia itu adem. Gimana sih cari orang seperti itu? Kalau aku jujur sih menemukan orang yang bisa support dan sharing tanpa membuat aku merasa dibawah itu ya di komunitas. Di komunitas ini kita akan bertemu berbagai jenis karakter orang ya. Tapi dari situ kita bisa memilih nih. Mana orang yang bisa jadi support system yang baik bagi kita. Nah, kalau kamu sudah temukan. Jangan dilepas.

Untuk teman-teman yang sudah memasuki pertengahan dan semester akhir tapi belum bisa coding. Apa sih yang harus temen-temen lakukan?

Apa sih yang harus temen-temen lakukan?

1. Yakini diri teman-teman kalau teman-teman itu belum terlambat.

Jadi hilangkan pikiran kalau teman-teman telat belajar. Tidak. Tidak ada kata terlambat untuk belajar.

2. Fokus ke mana?

Seperti teman-teman ketahui dunia IT itu luas. Bahkan untuk bahasa dan script pemrograman saja banyak sekali. Menguasai semuanya itu sulit. Yang harus kita lakukan adalah fokus dan pilih salah satu.

3. Setelah kamu fokus memilih salah satu. Kamu mulai belajar. Belajarnya dari mana?

Algoritma

Itu dasar dari semua bahasa pemrograman.

4. Pilih sistem belajar yang cocok dengan kamu.

Cara orang belajar beda-beda. Ada yang belajar dengan cara baca artiikel saja sudah paham. Ada yang harus lihat visualnya (harus pake video tutorial). Ada yang harus di analogikan dulu baru paham. Masing-masing orang punya cara belajar sendiri. nah aku mau tanya, disini teman-teman nyamannya belajar dengan cara apa? kalau aku merasa paling nyaman dengan cara Amati Tiru dan Modifikasi. Dan jujur dulu untuk memahami OOP di java, aku sampe cari orang yang bisa menganalogikan konsep OOP sampai aku bisa paham maksudnya.

Sistem belajar ini gak harus fix ya. Dalam perjalanan yang sebenarnya pasti akan berubah mengikuti perkembangan jaman dan mengikuti kemampuan teman-teman. Tapi, teman-teman bisa pilih yang nyaman bagi temen-temen untuk saat ini.

5. Setelah teman-teman menemukan sistem belajar yang tepat. Tinggal cari cara gimana jaga semangat belajarnya?

Setiap orang juga punya cara beda – beda untuk menjaga semangat belajarnya. Ada yang ikut seminar dan workshop. Ada yang dengan ngajarin orang langsung. Ada yang membuat video tutorial. Ada yang membuat produk untuk diri sendiri. Ada yang dengan cara menulis blog. Ada yang ikut kursus. Ada juga yang ambil projekan.

Ada banyak cara untuk menjaga semangat belajar. Teman-teman bisa memilih cara yang sesuai dengan diri teman-teman. Karena setiap orang itu beda beda. Coba aku tanya disini. Cara teman-teman jaga semangat belajar gimana? Kalau aku dengan cara sharing ilmu. Ngajar.

Nah, ada juga yang menjadi mentor dan ikut mentoring untuk menjaga semangat dia belajar. Untuk menjaga semangat belajar. Kita harus mencari lingkungan yang memiliki ekosistem semangat belajar yang tinggi.

Assalamualaikum selamat sore… :blush:

mau tanya temen2 fegi
sya ditawarin buat magang disalah satu perusahaan software dijawa tengah perbulan saya mendapatkan gaji 750k, menurut kalian bagimana?
sedangkan saya harus ngekost jugaselama 3 bulan

Wa’alaikum salam wr wb.

Nah ini…

Menurut aku sebelum kamu memilih pekerjaan. Kamu harus hitung dulu. Apakah ketika kamu bekerja disana, kamu bisa membiayai hidup kamu. Apakah ketika kamu bekerja disana kamu bisa memiliki pegangan. Pegangan disini ada dua ya, ilmu dan tabungan.

Setelah kamu hitung dan menurut kamu kebutuhan pokok kamu terpenuhi ketika kamu bekerja disana. Kamu cari tahu dulu tentang perusahaan itu. Cari tahu perusahaan itu bergerak di bidang apa. Cari tahu produk yang dikembangkan perusahaan itu apa. Cari tahu lingkungan kerja di perusahaan itu seperti apa. Lalu cari tahu jenjang karir di perusahaan itu seperti apa.

Kalau kamu rasa bekerja disana bisa membuat kamu mendapat banyak pengalaman dan ilmu. Kamu bisa bekerja disana. Tapi ingat pastikan kebutuhan pokok kamu terpenuhi dulu.

6. Oke setelah kamu menemukan cara gimana jaga semangat belajarnya?

Sekarang kamu belajar untuk menguatkan diri kamu.

Ketika kamu berada di lingkungan dimana banyak orang-orang yang lebih dari kamu. Ujian selanjutnya yang datang adalah dari diri kamu. Selalu tanamkan pada diri kamu. Masing-masing orang itu punya jalan dan prosesnya.

Memang rasa minder itu pasti ada. Pasti. Apa lagi kalau kita di kelilingi orang-orang hebat. Cuma baiknya kita jangan fokus ke rasa minder kita. Kalau teman-teman dekat dengan orang-orang yang teman-teman anggap dia pro dan hebat. Teman-teman akan bisa lihat, ada hal yang beda di diri mereka. Ada hal yang mereka lakukan lebih dari kita.

Ada hal yang mereka push ke diri mereka yang kalau kita lihat pada diri kita. Kita gak kebayang bisa push sampai segitunya. Dari situ kita bisa belajar. Bahwa orang untuk bisa sampai ke titik dimana kita nilai pro dan hebat, ada banyak hal yang dia korbankan (dari hal kesenangan ya) dan ada banyak hal yang mereka perjuangkan. Kalau kita lihat lagi dan kenal lagi lebih dekat, kita akan tahu kalau mereka juga awalnya sama dengan kita. Mereka bisa sampai ke tahap sekarang karena mereka belajar.

Untuk teman-teman yang mengalami Dilema Anak IT : Udah Semester Akhir gak Bisa Ngoding?

Teman – teman bisa coba 6 langkah ini :

  1. Yakini diri teman-teman kalau teman-teman itu belum terlambat untuk belajar.
  2. Tentukan Fokus belajar teman-teman
  3. Setelah kamu fokus memilih salah satu. Kamu mulai belajar. Belajarnya dari mana? Mulai dengan belajar Algoritma dan mulai dengan cara praktek menggunakan bahasa yang kamu fokuskan.
  4. Pilih sistem belajar yang cocok dengan kamu.
  5. Setelah teman-teman menemukan sistem belajar yang tepat. Tinggal cari cara gimana jaga semangat belajarnya?
  6. Setelah kamu memiliki lingkungan belajar yang bagus. Belajar untuk menguatkan diri kamu.

Kita wanita perlu sekali lingkungan yang bisa mendukung kita. Komunitas itu bagi aku merupakan tempat dimana kau bisa mendapat dukungan dan bisa terus belajar dan berbagi ilmu.

Merasa minder pasti ada. Itu hal yang wajar. Aku juga terkadang masih minder. Namun aku yakini satu hal. Setiap orang punya masanya. Setiap orang punya cara dan proses yang berbeda.

Lebih baik fokus terus kepada diri. Menghargai setiap hal baik yang dilakukan diri ini juga penting. Apresiasi diri kamu dan ketika kamu lelah, luangkan waktu untuk refresihing.

Sekian sharing dari aku. Maaf ya jika ada kekurangan. Selamat malam dan selamat beristirahat


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.