Amazon Web Services | AWSome Day Online Conference

Awalnya saya dapat info free online conference yang diadakan Amazon ini di instagram beberapa minggu lalu. Iseng saja saya langsung daftar hitung-hitung nambah ilmu kan, pun beberapa bulan ini sudah jarang ikut event-event diluar juga hehee.

Conference dengan thema “Pelatihan Penting untuk Mempersiapkan Ambisi Cloud Anda” ini diadakan pada hari Rabu 6 November 2019. Untuk waktunya ada tiga pilihan jam lokal 07.00-10.00, 13.00-16.00, serta 17.00-20.00 dan materi disajikan dalam 4 bahasa yaitu English, Indonesia, Thailand, dan Korea. Materi yang disampaikan mengenai pengenalan langkah demi langkah tentang layanan AWS inti untuk komputasi, penyimpanan, database, dan jejaring. Pakar teknis AWS akan menjelaskan fitur-fitur utama dan kasus penggunaan, membagikan praktik terbaik, melakukan demo teknis, dan menjawab pertanyaan Anda satu demi satu.

Conference yang saya ikuti yaitu pada jam 07.00-10.00 dengan pemateri Donnie Prakoso (Technology Evangelist, ASEAN, AWS) dan Vincent Limanto (Inside Sales, Indonesia, AWS) yang disampaikan menggunakan Bahasa Indonesia. Donnie Prakoso adalah seorang software engineer, penikmat kopi, penggemar Café racer dan technical evangelist di AWS. Dengan pengalaman lebih dari 10 tahun di bidang industri teknologi, mulai dari telekomunikasi, perbankan hingga startup, dia kini berfokus untuk membantu secara teknis para developers dalam mewujudkan ide-ide brilian mereka. Dia sangat tertarik pada AI / ML dan segala sesuatu yang berhubungan dengan microservices. Vincent Limanto adalah seorang account manager di AWS, penggemar travel dan pecinta buku. Dia sangat tertarik dengan topik-topik yang berkaitan dengan startups, business, dan science-technology. Berangkat dari latar belakang sebagai system engineers di bidang teknologi datacenter, networking dan collaboration, kini dia beranjak ke dunia cloud computing untuk membantu banyak customers di AWS dalam memulai perjalanan cloud mereka dan terus berinovasi bersama dengan AWS. Menyaksikan kesuksesan customer dalam mengadopsi teknologi cloud menjadi kepuasan tersendiri bagi Vincent.

Materi yang disampaikan disusun dalam 5 modul meliputi :

Modul 1: Pengenalan AWS Cloud
Modul ini membahas nilai cloud dan manfaat dari penerapan AWS Cloud.
Modul 2: Memulai dengan Cloud
Modul ini membahas beberapa kategori dan layanan AWS – apa yang dilakukan layanan, kapan, serta cara menggunakannya.
Modul 3: Membangun di Cloud
Modul ini membahas beberapa layanan untuk mendukung Anda dalam membangun di cloud dari aplikasi yang mudah diskalakan, pemantauan sumber daya Anda, automasi penerapan, koneksi dan berbagi data, serta penyampaian konten.
Modul 4: Mengamankan aplikasi cloud Anda
Modul ini membahas bagaimana pendekatan AWS dapat mengamankan cloud, bersama dengan Model Tanggung Jawab Bersama AWS, Manajemen dan Kontrol Akses AWS, Program Kepatuhan Keamanan AWS, dan sumber daya yang tersedia bagi Anda guna memahami opsi keamanan AWS Cloud dengan lebih baik.
Modul 5: Harga, Dukungan, dan Perancangan di AWS
Modul ini membahas hal mendasar dari paket dukungan AWS, elemen harga untuk beberapa layanan utama, serta AWS Architecting, yang mencakup Kerangka Kerja yang Dirancang Baik dan arsitektur referensi untuk Hosting Web yang Toleran Terhadap Kesalahan dan Memiliki Ketersediaan Tinggi.

Overall worth sih online conference ini menurut saya pribadi. Bagi yang menginginkan materi di atas dapat menuliskan email pada kolom komentar di bawah ya. Semoga bermanfaat 🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.