Iqra’ 2020

Bacalah. Salah satu poin yang menjadi bagian dari target 2020. Sudah sejak beberapa tahun lalu saya menargetkan baca sekian buku, namun ketika hal penting itu tidak dimasukkan dalam list tahunan nyatanya hanya menjadi sebuah wacana. Alhasil mulai tahun ini saya menambahkan poin “membaca” dalam target 2020 ini.

Pun membaca itu sebenarnya juga perintah Allah yang disebutkan di awal surat Al Alaq. Tak sebatas membaca namun juga memahani makna bacaan, mengkaji, mempelajarinya.

β€œBacalah dengan (menyebut) nama Rabbmu Yang menciptakan, Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Rabbmulah Yang Maha Pemurah. Yang mengajar (manusia) dengan perantaran qolam (pena). Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.” (QS. Al β€˜Alaq: 1-5).

Okee jadi ditahun 2020 ini, supaya sama dengan tahunnya saya menargetkan membaca 20 buku bacaan (apa saja) dan 20 jurnal. Mungkin masih dibawah rata-rata, tapi namanya juga masih belajar hehee walaupun sedikit tetap menjadi tantangan tersendiri bagi saya apalagi untuk buku bacaan.

Untuk 20 buku bacaan (apa saja) rencana saya ingin menuntaskan buku-buku yang saya beli beberapa tahun lalu ketika PKL dan hanya saya baca beberapa lembar atau tidak saya baca sama sekali wkwkk. Yapp antara malas atau sok banyak kegiatan. Terkadang baca buku baru dapat beberapa lembar terus ada kerjaan akhirnya lupa alur ceritanya atau yang lebih parah lupa kalau ada buku yang belum terselesaikan unt dibaca. Kalau sudah lupa mau terusin baca kok ya malas akhirnya ganti buku dan cyclenya terulang lagi. Yaaa begitu seterusnya wkwkk. Nah buku yang saya beli tersebut sebagian besar novel genre travelling dan inspirasi. Rencana jika buku2 tersebut sudah selesai saya ingin baca buku tentang pengembangan diri. Tapi intinya baca yang sudah ada dulu supaya tidak mubadzir. Doakan ya semoga istiqomah dengan kebiasaan membaca buku ini. InsyaAllah nanti saya ingin menulis review (?) atau intinya hal-hal positif yang didapat dari buku tersebut supaya lebih banyak orang yang mendapat kebermanfaatan dari buku yang saya baca.

Untuk 20 jurnal saya ingin membaca jurnal yang sesuai dengan bidang keilmuan dan pekerjaan saya tentunya. Mungkin tidak semenantang buku bacaan karena pada dasarnya saya suka baca jurnal, selain jumlah halaman yang cukup sedikit penyampaiannya juga to the point. Disini saya merasa anomali wkwkk, apakah ada yang sefrekuensi dengan saya? Btw untuk jurnal ini saya tidak membuat review yaaa, sudah kek tugas kuliah saja.

Sekian tjuerhatan saya. Mohon maaf jika ada salah-salah kata. Sekiranya jika ada pemikiran yang berbeda, cukup saling toleransi dan menghormati sesama.

Bismillah, yuk selesaikan target pril πŸ™‚

  1. 22/01/2020 Awe Inspiring Us – Dewi Nur Aisyah
  2. 17/02/2020 Nomadic Heart – Ariy
  3. 21/02/2020 Buku Latihan Soal Mantappu Jiwa – Jerome Polin Sijabat
  4. 25/02/2020 Ibadah Saat Traveling – Muhammad Abduh Tuasikal
  5. 03/03/2020 Turunnya Nabi Isa Diakhir Zaman – Muhammad Abduh Tuasikal
  6. 01/06/2020 Seni Hidup Minimalis – Francine Jay
  7. 01/06/2020 Merindu Baginda Nabi – Habiburrahman El shirazy
  8. 16/06/2020 Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat – Mark Manson
  9. 19/06/2020 The Book of Ikigai, Make Life Wort Living – Ken Mogi
  10. 23/06/2020 Happy Little Soul – Retno Hening Palupi
  11. 03/07/2020 Shalihah Mom’s Diary – Dewi Nur Aisyah dan MommeeID

Target baca buku lainnya bisa dilihat di Resolution Target Baca. Terimakasih


8 thoughts on “Iqra’ 2020

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.