PBS2 Webinar || One Young World Summit in UK

(Postingan ini merupakan materi webinar pada WhatsApp yang diselenggarakan oleh PBS2, semoga bermanfaat. Semangatttt!)

Pemateri :

Nama awardee : Aprilya Lestari

Tgl /waktu : 26 jan / 20.30 malam

Tema : Beasiswa One Young World Summit di London United Kingdom

Awardee :

  • One Young World Ambassador 2019- Z Zurich Foundation Scholars, London United Kingdom
  • Delegate Ambassador of Global Engagement Summit, Northwestern University, United States of America
  • 20 Shortlisted Unilever Young Entrepreneur Awards 2019- University of Cambridge
  • Ambassador of Global Entrepreneurship Summit 2019 in The Hague, Netherlands

assalamualikum warahmatullahi wabarakatuh

perkenalkan ya nama saya Aprilya Lestari, bisa dipanggil April. Saya alumni teknik arsitektur unsri angkatan 2014.

alhamdulillah tahun 2019 saya dapet beasiswa untuk mengikuti 3 program di Luar Negeri.

malam ini saya akan bahas salah satu program yang berlangsung di one young world London.

One Young World adalah forum global yang bertujuan mempertemukan dan memberdayakan pemimpin muda dari berbagai negara dan berbagai sektor untuk berjejaring, dan membuat perubahan positif di lingkungannya. One Young World 2018 dihadiri oleh hampir 2.000 pemuda dari 193 negara, serta dihadiri pembicara yang merupakan CEO perusahaan global, pimpinan negara, pimpinan NGO internasional, penerima nobel perdamaian, hingga penyandang disabilitas yang sudah berbuat banyak demi dunia yang lebih baik.

β€œDi One Young World, kita mendapat banyak inspirasi dari berbagai pembicara yang sudah ahli di bidangnya dan kebetulan tema tahun ini adalah Pembangunan Berkelanjutan. Terus kita berkesempatan untuk mengajukan proposal untuk post-summit project dalam inisiatif LEAD 2030 yang baru saja diluncurkan kemarin

program one young world

apa itu one young world?

One Young World adalah forum global yang bertujuan mempertemukan dan memberdayakan pemimpin muda dari berbagai negara dan berbagai sektor untuk berjejaring, dan membuat perubahan positif di lingkungannya. One Young World 2019 dihadiri oleh hampir 2.000 pemuda dari 196 negara, serta dihadiri pembicara yang merupakan CEO perusahaan global, pimpinan negara, pimpinan NGO internasional, penerima nobel perdamaian, hingga penyandang disabilitas yang sudah berbuat banyak demi dunia yang lebih baik.

β€œDi One Young World, kita mendapat banyak inspirasi dari berbagai pembicara yang sudah ahli di bidangnya dan kebetulan tema tahun ini adalah Pembangunan Berkelanjutan. Terus kita berkesempatan untuk mengajukan proposal untuk post-summit project dalam inisiatif LEAD 2030 yang baru saja diluncurkan kemarin.

berapa lama?

3-4 hari

dimana?

2018 di denhaag belanda
2019 di london inggris
2020 di munich jerman

Fully funded?
Yes. untuk apply program OYW nanti ada beberapa beasiswa dari perusahaan yang menjadi sponsor seperti AstraZeneca, Lenovo, Mary Robinson Foundation, CHANEL, etc
fully funded mulai dr tiket PP, hotel, visa, meals, dan ikut summit itu juga

cara apply?

go to website oneyoungworld.com cari how to apply

kapan bukaan?

mungkin bulan Maret-Juni bukaan, tiap beasiswa dari beda2 perusahaan beda2 juga tanggal deadlinenya. pantau terus web OYWnya.

siapa aja speakernya yg datang di summit?

Meghan Markle
J.K. Rowling (penulis buku harry potter)
Richard Branson
Mary Robinson
Prof. Muhammad Yunus
and many more

saya sarankan untuk pelajari profil beliau satu2, lihat impact yg sudah mereka lakukan agar kalian terus termotivasi. menambah wawasan juga sehingga kalau kita mengobrol sama orang especially orang luar negeri yg sgt concern dengen issue global kita sudah paham mengenai issue tersebut.

apa saja berkas yang diperlukan?

diawal mereka hanya menyedikan form yg berisi beberapa pertanyaan, seperti biodata, penjelasan project sosial yang kamu bawa apa, apa yg km lakukan di project trsbut, impactnya sudah seperti apa, ada kendala apa yang dihadapi dalam menjalankan komunitas itu? harapan ke depannya apa? apa ekspektasi kamu dalam mengikuti program OYW? alasan ingin mendaftar dan mengikuti OYW summit itu?

mungkin ada beberapa yg minta PPT short brief ttg project km ( tapi ga wajib )

setelah itu mungkin sebulan mereka bakal review aplikasi km, kalo km shortlist mereka bakal email km utk interview- setelah itu baru dinyatakan lolos

*btw saya kemarin gak melalui tahap interview, hanya isi form tapi tahun ini bakal ada interview

saya dapet beasiswa dari perusahaan Zurich Insurance Company (program CSR namanya Z Zurich Foundation)

mereka pilih 12 anak muda dr seluruh dunia, saya mewakili Indonesia. tiap perusahaan bakal beda2 jumlah penerima beasiswanya, contohnya kalau Astra Zeneca bisa capai 20 orang (random dari berbagai negara)

bisa apply banyak beasiswa dari perushaan gak?

ya bisa. apply semua beasiswa yg sedang buka di website. saya kemarin apply 3 beasiswa untuk ikut OYW, dari lenovo salah satunya dan 2 lagi saya lupa perusahaannya apa. tapi saya gak lolos beasiswa dari lenovo akhirnya saya dapetnya dari Zurich Insurance Company tadi.

https://www.oneyoungworld.com sambil baca2 websitenya ya

detail acara di london berlangsung 22-26 oct

setelah kita dinyatakan lolos menerima beasiswa dari perusahaan untuk berpartisipasi di OYW summit nanti akan ada panitia akan kirim email untuk konfirm visa, tanggal flight, hotel, surat sponsor dll.

kami sebelum berangkat pernah mengadakam voice call dengan delegasi penerima beasiswa zurich tadi untuk saling berkenalan terlebih dahulu. dan akan membahas rundown acara.

Fyi : delegasi indonesia untuk OYW 2019 berjumlah sekitar 12 orang ( dari beasiswa berbeda, ada yang dari british petroleum, ada yang perwakilan perusahaan Unilever, Coca Cola, Wavemaker )

untuk yang attend OYW summit itu dibagi 2 jenis ya:

  1. delegasi sebagai penerima beasiswa (seperti saya)
  2. delegasi sebagai corporate delegation ( perusahaan mengirimkan perwakilan karyawan untuk hadir )

kerennya:
summit ini ada aplikasi di app store/play store nanti kalau km terpilih kamu dikasih username sm password utk loginterus kamu bisa pantau deh semua rundown acara dan km bisa chatting dengan semua delegasi yang hadir.

setelah selesai summit:

semua delegasi yang hadir di summit OYW otomatis akan menjadi OYW ambassador. itu sebuah privillege buat kamu. kamu bisa cantumkan itu dio bio profile linkedin dll untuk membuka peluang network sesama alumni OYW dari seluruh negara dari setiap tahunnya.

setelah ini saya pengen kalian pelajari lebih dalam tentang OYW itu sendiri apa, bisa distalking sosial media di instagram, Fb, youtube, Linkedin, biar kalian tahu gambarannya seberapa keren dan impactfulnya summit ini dibanding summit lain.

kamu akan terkoneksi dengan CEO perusahaan internsional sekelas Unilever, Coca Cola, Novartis, etc. Kamu punya network anak mudah dari seluruh dunia dengan social project mereka yang sangat impactful. kalian bisa saling tukar pendapat, saling bimbing, saling menjadi “guide”, dan juga klau ada perlombaan yang hadiahnya funding/grants kalian bisa apply. banyak peluang yang akan kalian dapatkan setelah OYW ini dan akan membuat kamu menjadi seseorang yang berbeda mulai dari sudut pandang kamu dan cara kamu mengambil keputusan dan belajar makna kontribusi.

dari schedule, mereka bakal reminder kamu bakal masuk ke ruang mana, jam berapa, siapa speakernya, apa background speakernya, kamu bs nulis notes juga dari apa yang dikatakan speakernya di dalam aplikasi tersebut.

jadwal per hari biasanya mulaindari jam 8 pagi sampai dinner 7 malam.

nah dinner setiap hari kita bakal makan di tempat yg berbeda-beda. hari pertama akan dinner bareng di museum semua delegasi berkumpul di history museum di London setelah opening ceremony.

dinner di hari ke 2 setiap delegasi bakal mencar2. ada yg dinner di kantor google, kantor unilever, ada yang di buckingham palace etc. tempat2 keren di London dan kamu punya kesempatan untuk ngobrol langsung dengan petinggi2 perusahaan.

yang membedakan summit lain dengan OYW adalah mereka memiliki acara “opening ceremony” dimana setiap perwakilan delegasi tiap negara membawakan bendera di atas panggung di depan seluruh speaker dan seluruh delegasi dari 196 negara. alhamdulillah 2019 kemarin saya terpilih sebagai “flag bearer” untuk negara Indonesia.

opening ceremony nya pun sangat berbeda. mulai dari tampilan video mengenai masalah global seperti sampah, tarian dg koreografi yang super keren. penampilan artis dll. berikut saya tampilkan cuplikan opening ceremonynya

saya selalu siap membawa kartu nama. walaupun tanpa kartu nama saya tetap bisa terkoneksi melalu aplikasi, tapi alangkah lebih baik kita ksih name card. karena dlm satu hari kita bakal bertemu bnyak orang dan bakal susah untuk menghafal nama mereka, darimana mereka dll. dan klau bs pada saat ketemu langsung tukeran kontak linkedin agar tetap stay in touch.

acaranya ngapaik aja selama 4 hari?

kurang lebih dalam satu hri kita bakal mendengarkan cerita, motivasi, pesan2 dari para speaker. dalam satu hri bisa ada 5-10 speaker yang berbicara. kita bakal banyak dapat insight baru dari mereka. untuk teman2 yg mau lihat speech para speaker, kalian bisa buka facebooknya OYW dan disana mereka uplod live session beberapa speaker.

tahun 2019, ada delegasi Indonesia yang terpilih menjadi speaker, namanya kak Bimo dari perusahaan Johnson&Johnson. pada kesempatan itu kak bimo bercerita tentang project mereka yg namanya @carbonethics yaitu sebuah platform untuk mensupport minimalisir karbon emisi yang tercipta. mereka memberikan solusi berupa penanan mangrove di kepulauan seribu.

bayangkan Kak Bimo bisa dapat kesempatan menjadi speaker di depan petinggi2 seperti Bob Gedolf, Richard Brandson, J.K. Rowling dll.

setelah speech banyak sekali company ataupun komunitas lain yang ingin bekerjsama dengan Kak Bimo. itu salah satu impact yang didapatkan melalui OYW.

summit ini sangat concern dengan Lingkungan!!

mereka meminimalisir penggunaan plastik sekali pakai. kalaupun ada yang menggunakan mereka selalu reminder peserta untuk membuang sampah pada tempanya yg sesuai.

pada saat lunch mereka siapkan galon + gelas. mereka siapkan sejenis box lunch tapi tenang aja itu ramah lingkungan. sendok dll menggunakan kayu. dan juga klau makan buah kulit buah harus dibuah ke wadah komposting yang tersedia.

mereka tidak provide bus ketika kita sampai dibandara. mereka mengajak kita menggunakan transpot lokal untuk mengurangi karbon emisi yang diciptakan. letal hotel berada di pusat london yangmana ketika menuju venue kita hanya perlu berjalan kaki berapa menit.

kurang lebih itu penjelasan singkat mengenai penglaman saya di OYW 2019

DISKUSI

Ka, saya tipe orang yg susah untuk belajar bhs asing.
Apakah untuk apply beasiswa sangat perlu sekali bhs inggris ?
Gmn kiat2 nya biar ga males belajar bhs asing. Apakah dl kakak les atau otodidak? Kalau les. Les dmn?
Mksh ka

Halo Weno, salam kenal!
terimakasih atas pertanyaannya.

tahu gak kamu kalau saya gk pernah les bahasa inggris. tapi saya bisa dapet beasiswa ke LN?
jadi klau kmu merasa minder karena bahasa, sebenernya “kemampuan berbahasa itu bisa dipelajari sendiri”.
saya belajr bahasa inggris cuma di sekolah.
tapi saya punya kemauan yg tinggi.

gimana saya belajar bhs inggris?
dari baca buku, nonton film, main game, praktekan ngomongnya, saya waktu itu ingin memperlancar conversation saya, saya ikut program Aiesec, saya jadi buddy untuk exchange student yg berasal dari Spanyol. dan juga saya berkesempatan untuk ajak jalan2 mengenal kebudayaan ke mereka. bahasa inggris saya masih sgt minim tp saya terus paksakan ngmg. belajar komunikasi yg baik seperti apa, komplit deh belajar listening, speaking, reading dan writing ketika kita praktekan langsung dengan siapa kita berkomunikasi(khususnya sama bule)

terus kalau bs kalian harus hafalkam vocab. 1 hari misal kmjes dapet berapa kata untuk dipahami.

motivasi saya ya krn sy gk mau tertinggal dg org lain. di saat org ngobrol bahasa inggris saya hrs jg bisa ngobrol dan paham apa yg orang lain katakan. bahasa inggris itu penting banget makanya saya harus belajar.

km bs coba dengerin Tedtalk di youtube, latihan berbicara depan cermin, dan harus pede!! jgn pernah tkut salah , jangan takut dijudge!! kalaupun salah berarti kita dpt kesempatan untuk memperbaiki

saya pernah tes toefl 1x itupun karena syarat kelulusan kuliah saya. rata2 program yg saya ikuti tidak mewajibkam toefl. saya tekankan jgn takut apply program ke LN meskipun kalian gak punya toefl ya.

ada banyak tips kok utk improve inggris. mulai dr buat diary berbahsa inggris. latihan wawancara atau ikut komunitas dll. kalau di palembang ada komunitas yang provide kita untuk latihan interview bahasa inggris. (biasanya acaranya outdoor dan yg diobrolkan itu hal2 sederhana)

dan kalau klian punya grup yg memiliki visi misi ke LN kalian bisa saling belajr satu sama lain.

improve terus belajar bahasa asingnya. praktekan!!

Ka, kalau misalkan kita dapat kesempatan untuk ikut kesana. Tapi bahasa Inggris kita masih kaku banget itu gmna ka ?

halo henderika salam kenal! makasih yaa pertanyaannya

untuk teman2, dalam melakukan sesuatu, sebelum kita action, yang pling penting adalah membangun “Mindset”

saya dlu peserta PBS2 juga. saya gak nyangka kalau skg saya bisa jadi speaker di forum online ini.

teman2 yg udah mau ikut forum ini sudah satu langkah lebih baik dibanding yg lain. kalian sdh ada niat dan kemauan untuk mendengan dan belajar dari seorang yg kalian rasa bisa dipelajari pengalamannya.

orang yg pintar inggris lbh dari saya banyak kok.

saya gagal banyak program. disitu saya belajar ternyata komunikasi inggris saya masih kaku. saya belum lancar. saya cr tahu masalahnya trs mikir solusinya apa. oh ternyata saya masih minim wawasan di bidang issue sosial. saya kurang memahami project saya sendiri. saya belum tau goals yg saya ingin capai kalau saya dpt kesempatan ke LN. nah kalian bisa belajar itu dulu. prbaiki niat kamu. nanti akan sejalan dg kesiapan kamu sendiri. nanti ada di fase kamu sadar oh ya wajar kalau saya masih kaku karena “jam terbang” saya masih minim dlu. saya juga masih kaku tapi ya harus dipaksa. harus bisa. makanya kalau bahasa itu harus dipraktekan. gak bs hanya baca2 saja.

waktu saya di Amerika saya juga kaget bukan main. saya masih sulit loh denger mereka yg ngomong ceplas ceplos. saya juga kadang masih bingung responnya harus gimana, tapi disitu nanti kita improve. ada dorongan buat belajar lebh baik lagi.

latihan wawancara terus kalau saran saya. ngomong sendiri depan kaca. atau ikuti kalimat2 speaker speaker international, kamu ucapkan ulanh, kamu tulis ulang, kamu pelajari apa maknanya.

latihan juga untuk menjawab perntanyaan2 simple mulai dari siapa kamu, apa pekerjaan kamu, dll latihan sampai matang. nanti kalau sudah sering percaya deh kalian terbiasa sendiri.

Ka apa motivasi terbesar kakak sehingga dapat mencapai titik ini ?
Saya adalah orang dari univ swasta.
Apakah saya kira2 punya peluang besar untuk mencapai semua itu?
Karena banyak orang bilang, univ swasta akan kalah dg univ negri.
Dan banyak orng yg meremehkan univ swasta.
Mksh ka

halo rehan! makasih banyak pertanyaannya.

cita cita ke LN bagi saya bukan krn jalan-jalannya. jalan2nya itu bonus. saya tipe orang yang peka dengan lingkungan sekitar, kalau ada suatu hal yang menurut saya gak berjalan dg sesuai, saya tanyakan ke diri saya kira2 apa yang bisa saya kontribusikan dari “kemampuan” yang saya miliki.

negara LN itu sangat maju, dr segala bidang. pertama saya pengen tau kenapa mereka bisa semaju itu, apa yg membedakan mereka dg kita. makanya kalau saya ketemu bule. saya bakal nanya banyak hal, karena saya org yg kritis. setelah itu, saya berusaha untuk mengambil langkah apa hal yang kira2 bisa saya terapkan di komunitas saya dari obrolan saya tadi.
“sense of usefulness” itula visi misi saya. jadi seseorang yg bermanfaat.

Tuhan bakal denger doa kamu. percaya aja. kalau kamu gagal. jgn nyerah. saya berkali2 gagal kok. sampai di titik ini saya sdh merasa cukup ke LN tapi saya tetap dapet kesempatan ke LN lagi yangmana itu diluae dugaan saya.

menurut saya program LN gak bakal melihat kamu kuliah di swasta atau negeri. yang mereka liat adalah kualitas dan value dari tiap individu. don’t worry. πŸ™‚

terus belajar, terus kontribusi dengan ikhlas, jangan pamrih kalau melakukan sesuatu, Allah tahu setiap niat baik kamu, pasti kamu bakal dapat hasil yg bagus kalau kmu bersungguh2.

progam itu gak bakal liat km dr keluarga berada atau enggak, toeflmu setinggi apa, tetapi mereka bakal ngukur “niat kamu” makanya ada sesi interview. disitu mereka liat psikologis kamu. apakah yang kmu tulis di essay sesuai ga dengan karakter kamu. ada orang yg essay nya bagus tapi ps interview krg lancar. ada yang interviewnya lancar tetapi jwabannya “kurang mengena” di hati para interviewers, jadi kamu hrus punya purpose dlu. tujuan km mau keluar negeri itu apa?

dan cari role model. stay motivated. ketika km stuck km bs melakukan hal yg buat kamu keep on track.

cari mentor. ketika km merasa stress dan not knowing to do, ask them. you need guidedance to listen to you and u need their advice. denger banyak2 cerita dr org yg menurut km bs dijadikan “guru”.

teman sya lolos ke amerika, dia dari UIN dan ada jga dari UPH. jgn minder dan jgn takut ya!!

your value doesnt define by those thing!!

tetap semangat jgn dengerin omongan toxic, omongan negatif dr orang lain!! hidup km berhargaaa dan you are powerful.

Selamat malam kak april ,
Saya disini ingin bertanya, bagaimana awal kakak bisa ikut beasiswa ini dan apa aja yang di perlukan untuk mengikuti beasiswa ini ?

Terimakasih kak

halo may sari salam kenal! kita satu almamater yaa!

saya sudah aktif ikur seminar beasiswa dr kuliah. saya melakukan perkenalan diri ke alumni2 yg sdh pernah dapat beasiswa k Ln. saya menjadikan mereka mentor saya. goals saya gimana caranya sy bisa berhubungan baik dengan para alumni, manjdikan mereka mentor saya. mereka sangat welcome ketika saya menanyakan banyak hal. satu hal yang perlu diingat, jangan takut bertanya! nanti kalian nyesel. jangan gengsi, camkan dlm diri klau niat kalian baik. dan psti mereka respon dg baik. hrs selalu ada inisiatif. aktif di berbagai kegiatan. proaktif, harus menawarkan diri apa yang bisa kmu lakukan untuk support kegiatan2 sosial.

inner circle. buat grup yg punya tujuan ke LN. atau gabung grup2nya. mereka bakal share berbagai info ke LN biasanya. saya tau OYW dari teman saya di Nigeria. saya ketemu beliau waktu program saya di Amerika.

follow akun2 yang suka share info ke LN, contohnya @oppurtunitydesk baca blog, follow orang2 yang menurut kamu bs jdi “inspirasi”

yg perlukan:

kamu berpartisipasi di project sosial. bebas di bidanga apa. kalau saya di bidang lingkungan. posisi saya sb co founder.

note ya:

kalian gak harus jadi founde untuk terpilih. meskipun kalian hanya volunteer tetap memiliki kesempatan utk terpilih asalkam kalian tau goals dll dr social project itu. dan ketika ditanya apa kontribusi kamu di komunitasitu kalian bisa jawab.

essay. km harus buat essay. 300-500 kata ttg sosial project km. penjelasan singkat apa komunitas km, apa yg dilakukan berdiiri sejak kapan, ada berapa banyak amggota, apa hasil dr kegitan tersebut, goals yg ingin dicapai apa, ada masalah apa sehingga terfikir untuk bentuk komunitas itu, kendala apa yg dihadapi saat menjaalankan dan apa yg kamu kasih saat menghadapu situasi trsebut.

contoh essay berlimpah di internet. coba ketik aja yg sesuai dg komunitas kamu. misal “essay social project in environment”

latihan wawncara. kamu hrs bisa membicarakan apa yg km tulis. untuk buktikan klo km emg yg buat essay itu dan jg km kontribusi beneran di komunitas itu.

cari mentor. cari org yg bs review essay kamu, review km ps latian interview, kalau km mau maju kmu hrs siap nerima saran dan kritik ya, tp dr orang yang menurutmu tepat!

Ka, apakah kalo mau mengikuti program OYW, harus buat sosial project terlebih dahulu ke masyarakat, atau bisa daftar tanpa buat sosial project? Terus ada kuota untuk setiap negara?

Terimakasih

halo johana slm kenal, makasih pertanyaannya!

Ya. wajib ada project sosial. yg sudah jalan lebih bagus. dan punya visi dan misi yg sesuai dg SDGs.

gak bs dftr klau gak punya project sosial. gak harus km buat sendiri kok. km bs bawa komunitas apa yg sdg km ikutin skg.

kuota?

nah mereka random. kalau OYW gakada batasan. tergantung perusahaan2 itu sendiri. ada yg ambil 1 untuk indonesia ada 2. sy beasiswa dr perusahaan zurich insurance. temen saya dr astra zeneca (2 kuota untuk indonesia), ada dari british petrleum ( kasih 2 kuota jg) mereka baca profile dan project km dlu apakah visi misi km sejalan dg perusahaan tersebut. km wajibpelajari dlu visi misi beasiswa dan perusahaan yg bakal ksih km beasiswa itu.

contoh di zurich ternyata ada 1 goals mau ngatasim masalah sampah, kebetulan itu satu visi misi dgn project yg saya kalan kan,

1.kak aku mau tanya, apakah program ini bisa diikuti oleh siswa sma?

2.Tips and trik kak ketika kita apply?

3.Dibutuhkan sertifikat kebahasaan tidak kak?

4.Selain koneksi kita yang global, menurut Kaka dengan mengikuti program ini nilai + lainnya apa?

Terimakasih

hi aldy, pling muda ya kayaknya, keren deh udh mau gabung forum ini, makasih yaa pertanyaanya

1. untuk sma ada program YES/AFS untuk anak2 kelas 10 seleksinya

2. pelajari alumni yg sudah lolos program. banyak baca blog. banyak bertanya. reach out alumni yg sudah lolos. nanya langsung minta mentor dr beliau.

buat essay. latihan wawncara. minta feedback dan review dari mentor. banyak latihan kuncinya sm km sadar apa yg salah dan kurang. harus curi start dr awal, dlm artian ketika orang mau buat essay pas deket deadline, km sdh buat dr jauh2 hari bahkan jauh2 bulan. persiapan matang. harus selalu improve.

harus punya purpose dlm melakukan sesuatu. kyak km mau ganung komunitas, alasan km apa kira2 pengen gabung komunitas itu

3. program sy gak perlu toefl/ielts

4. goals km apa, kamu mau jd entrepreneur atau kerja di korporasi?

pertama, mindset km bakal berubah kita km tau masalah dunia itu ap aja sih, masalah negara abcd tu apa aja sih, solusi dan inovasi apa yg sudah mereka lakukan, impact apa yg sudah mereka hasilkan, disitu km bakal refleksi diri kmu, “saya sudah ngapain aja ya diumur segini” km bakal lbih kritis mengenai peran km di dunia ini khususnya anak muda.

network. kalau kmu bisa menggunakan networkmu dg baik pasti kan bermanfaat. contohnya saya koneksinya teman sy di indo yg punya komunitas di bidang mental health k temen saya di zambia seorang dokter yg juga pakar psikologis. saya pengen temen indonesia saya bs belajar dari seorang mentor tingkat internasional.

kalo km mau kerja di korporasi, pemgalaman km bs sgt menjual.

km ada bahan untuk diceritakan ktk km interview. pas saya interview kerja mereka selalu nanya pa yg km dapatkan dr summit ini itu. saya jelaskan lah dll,

yang menurut sy bisa jadi “nilai jual” saya dibanding peserta interview lain.wawasan km jg bakal bertambah. kalau km ngobrol sm orang km bakal ada saja bahasan untuk dibahas. gak stuck, krn km nerima banyak wawasan.

ketika saya letakkan “oyw ambsaador di profile ig, linkedin, dll ketika saya add para petinggi perusahaan atau NGO atau temen2 LN mereka bakal accept permintaan pertemenan saya. ketika saya chat untuk bertanya juga mereka bakal ssgt terbuka.

seperti Unilever ya, sudah recognize banget dngn OYW.

banyaaak banget nilai plusnya. dr 3 summit yg sy hadiri di 2019, oyw yg paling berkesan!

bagaimana sih kak tips & trik mengisi syarat syarat beasiswa seperti , mengapa ingin ikut beasiswa ini ,jelaskan tentang dirimu ,kelebihan dan kekurangan kamu , mengapa kamu layak dipilih .Saya rasa itu terimakasih

Terimakasih

halo hanindita slm kenal teimakasih atas pertanyaannya

alasan ikut: tanyakan k dirimu kira2 alasannya apa? apa yg kmpengen dapet. psti ngalur sendiri. atau jg km bs cari contoh essay. km bs belajar cara dia menyampikan jawaban itu seperti apa. banyak banget kok contoh essay yg bisa dipelajari. bukan dicopy ya.

googling “pengalaman apply program xxx” atau “cari artikel tentang apa manfaat beasiswa ke LN” visi misi km apa utk ikut itu, km hrs bs story telling dlu,

misal di indo itu masih minim ini itu, saya percaya amerika yg teerkenal dg sistem ini itu di kampus ini itu akan memberikan saya kesemlatan utk belajar banyak utk diterapkan di indonesia

kalau ttgdirim kamu harus natural ya, kalau hal seperi ini kamu harus banyak membaca. kamubelajar literasi. kemampuan menulis km jg akan diuji. km bs baca 1 essay yg bagus yg sdh pernah lolos. disitu km bs buat kerangka oh ternyata paragraf satu dia bahas ini, dia jelaskan ini itu, tunjukam kalo kau beda dr yg lain, passionate, ketika km jelasin apa yg km suka psti km semangat, dan org yg denger bakal bs liat klo km emg excited, kemauan tinggi, di youtube dan d blog banyak org sharing pengalaman jwaban2 mereka apa saja ttg pertanyaan diatas

coba km search “pengalaman apply program yseali” atau “tips dan trick lolos program yseali”

note: yseali itu nama program ke amerika, bisa dijadikan bahan untuk belajar

bagaimana pendapat dan pandangan kakak dengan keluarga yang tak mengizinkan dan tidak mendukung anaknya untuk sekolah ataupun kuliah di luar kota/luar negeri?

Terimakasih

raihanny, salam kenal yaa! apakah km berada disituasi seperti it?

komunikasikan dg baik.

km harus denger alasan mereka apa. apakah ada faktor2 urgent yg membutuhkan km utk stay di indo. apakah kalau nanti km di LN km ga bsbantu byk utk ke LN.

kenali karakter ortu km. tiap org karakter beda2 dan harus pke pendekatan berbeda.

ketika km punya tujuan yg jelas mau ke LN ngapain. kamu jelaskan ke ortu km. buat mereka percaya. kasih pandnagan ke mereka.

selagi niat km baik, tujuan km jelas, mungkin hati mereka luluh.

cari org keriga yg bs jadi mediasi. ygbs bantu buka pandangn mereka utk support km ke LN.

banyak berdo dan berusaha ya. tipe ortu sy juga gak terlalu pro utk ke LN. tp sy berusaha untk percayakan k mereka kalau niat sayabaik dan tujuan sy jelas. apalagi kalo tujuj kamu mulia. tujuan km untuk menciptakan sesuati yg bermanfaat. untuk belajar. untuk cari ilmu. ekspektasi mereka itu apa ke saya. dikomunikasikan.

saya tetep apply2 ke LN. sampai akhirnya saya lolos, mereka tetap izinkan dan mereka jgttp bangga.

kk apply2 dlu aja selagi km bs bagi waktu km ya, lolos ga lolos masalah terakhir setidaknya km sdh memberanikan diri utk mencoba dan belajar dr hasilnya nanti.

kmu ke luar negeri atau tidak selagi yg kamu lakukan itu hal baik itu sdh bagus kok

saya gak bs paksakan krn kondisi keluarga berbeda2

selalu berdoa spy diarahkan ke hal2baik ya.

Allah bakal denger doa km, seama niat km baik. Allah maha membolak balikan hati.

semangaaat!

1. Apakah kami para mahasiswa sekolah tinggi bisa mendapatkan beasiswa S2 disana? Atau hanya menerima lulusan dari Universitas yang ada di Indonesia

2. Apakah muslimah berkerudung panjang bisa masuk di instansi di luar Indonesia?

3. Semua biyaya perkuliahan di tanggung atau ada sebagaian kami yang membayar πŸ™πŸ»

Dan, kak poin apa yang paling penting yang buat kita bisa diterima di program tersebut. Kak kalau dari sekarang apa aja yang perlu disiapkan kak? Kak tolong tips dan trick nya supaya bisa lolos program tersebut dna bisa memberikan ide dan jawaban yang baik. Terimakasih.

halo debby makasi pertanyaannya dan slam kenal

1. program saya bukan program s2 ya- program saya hanya summit km bs konsultasi ke lembaga yg bersamgkutan, lembaga kursus biasanya menyediakam lyanan konsultasi untuk pertanyaan tersebut. moohn maaf saya belum bs jawab karena saya belum dapet info mengenai hal itu ya. kalau ada ksmptn nanti sy tnyakan beberapa rekan saya ya.

2. bisa, banyak banget cewek kerudung sekolah di LN. bukan hambatan.

3. tergantung. ada yg semua dibayarin ada yg setengah. sesuai jenis beasiswa. km bs start baca2 yaaa untuk kenal lbh lanjut ttg jenis2 beasiswa.
fullbright: beasiswa dr pemerintah amerika
chevening: dr inggris
DAAD: jerman
AAS : australia
tulip, stuned : belanda
lpdp: indonesia
masih banyak lagiiiiii

untuk pertanyaaan terakhir bisa baca jwaban yg atas2 ya krg lebih saya sudah rangkum πŸ™‚ nanti kalau mau tanya lagi lbh detail bs PM saya yaaa

kak saya mau bertanya, tadi kan di tahap awalan atau pengisian form disuruh u/ menjelaskan project sosial yg kamu bawa, dan juga impact-nya nah begini kak apakah sebelumnya terlebih dahulu kita sudah melakukan action terhadap project sosial kita dan juga kita sudah memiliki komunitas sendiri? Atau apakah project sosial itu hanya rencana kita terlebih dahulu?

Terimakasih

halo uly salam kenal, thanks yaa pertanyaannya!

kalau oyw- harus sudah jalan

sudah ada impact

kamu gak harus mendirikan loh, km bs bawa komunitas yg kamu jdi anggota.

ada program lain ke amerika namanya YSEALI, project yg diapply gak harus yg udah jalan. yang masih ide pun bisa lolos. gak harus sdh jalan.

terimakasih banyak PBS2 forum ini sangat bermanfaat dan menginspirasi

terimaksih untuk semua peserta yang sudah hadir

tetap percaya diri! terus kontribusi menjadi seorang yg bermanfaat. jgn jadi orang yg menyesal di kemudian hari.

pesan saya:

merendah hatilah karena tuhan lebih tahu kapan anda pantas untuk ditinggikan

fyi:

kalau mau baca saya share beberapa pengalaman sya di LN di akun instagram saya @aprilyalestari kalian bs check highlightnya

saya juga suka follow mentor dan alumni2 yg sering share pengalaman mereka apply program. disitu saya juga belajar banyak.

alhamdulillah saya tahun ini lolos program YSEALI ke amerika. saya bakal sharing pengalaman saya selama proses aplikasi di story instagram saya.

feel free to reach me out ya.

saya sgt terbuka untuk yg pengen nanya2. karena saya tau rasanya dulu bagaimana saya punya impian besar.

tetap semangaattt and good night everyone πŸ’™


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.