WFH, Tetap Produktif Dimasa Pandemi Corona

Bismilillah. Hallo apa kabar? Setelah sekian purnama jarang buka blog, saya memutuskan untuk kembali menulis catatan tjuerhat kali ini mengenai WHF. Sebelumnya, dibulan syawal yang suci ini izinkanlah saya mengucapkan minal aidzin walfaidzin, mohon maaf lahir dan batin atas segala salah dan khilaf 🙂

Dimasa awal pandemi kala itu rasanya campur aduk antara seneng bisa WHF mengerjakan pekerjaan dari rumah bisa kumpul bersama keluarga dan kacau juga beberapa planning awal maret yang berantakan. Namun saya selalu berusaha untuk positif thinking dan mengambil hikmah dibaliknya. Saya sangat bersyukur bisa kumpul bersama keluarga selama hampir 4 bulan ini (waktu terlama setelah 7 tahun merantau) dan tentunya dapat melaksanakan idul fitri #dirumahaja di Jogja. Selain itu dengan banyaknya waktu luang saya tetap bisa produktif dengan upgrade skill melalui free course di internet. Alhamdulillah.

Pernah ketika sedang banyak-banyaknya kerjaan saya sempat bosan dan rasa-rasanya malas mengerjakan pekerjan apapun sehingga tidak produktif. Kalau sudah begitu saya memutuskan untuk rehat sejenak untuk mengumpulkan puing-puing energi kembali. Salah satunya dengan mengganti background desktop yang awalnya monokrom minimalis menjadi lebih berwarna dan ramai dengan background kampus impian para pemburu beasiswa.

New look, new spirit

Jadi selama WHF ini ngapain aja?

Diklat PMG (Pengamat Meteorologi dan Geofisika) Ahli

Alhamdulillah beberapa bulan lalu dapat panggilan diklat online yang dilaksanakan hampir 3 bulan, minggu ini adalah minggu terakhir. Diklat online ini aselinya santai dan seru bisa kumpul lagi bareng teman-teman walaupun kumpul online hehee namun tugasnya juga jadi lebih buanyak.

Online Academy Digitalent Scholarship, Kominfo

Beberapa bulan lalu saya coba apply OA Batch 1 dengan pilihan course python yang diadakan oleh CISCO Academy alhamdulillah lulus. Sejak tahun lalu saya mulai mempelajari python yang saat ini sedang naik daun, selain Radio Frequency saya juga tertarik Machine Learning dan AI yang tentunya python itu sangat dibutuhkan. Pembelajarannya cukup santai berbeda dengan projectnya cukup menguras energi. Dan saat ini saya sedang berjuang menyelesaikan project 2. Oh yaa OA Batch 2 juga sedang ada pendaftaran loh, sila jika berminat bisa mendaftar di web DTS Kominfo.

Indosat Ooredoo Digital Camp (IDCamp)

Yuk yang berminat bisa mendaftar di web IDCamp. Lagi-lagi di IDCamp ini saya apply course Machine Learning sesuai dengan bidang ketertarikan saya. Course ini baru akan mulai beberapa minggu lagi jadi saat ini fokus ke DTS dulu supaya benar-benar clear baru pindah haluan.

Bikin Kue

Aslinya saya bukan tipe orang yang suka makan dan tertarik dengan hal yang berbau kuliner. Namun tidak ada salahnya juga mencoba hal baru yang nantinya juga bisa bermanfaat. Mulai dari trial and error but it was much of error. Tapi masih bisa dimakan kok hehee. Karena banyak baca resep saya jadi tau oh ternyata kue ini banyak bahan ini dan itu, yang paling bikin shock gulanya wadidaw jiwa. Bukan saya banget, yang sedang #belajarhidupsadar dengan less sugar dan vegetarian. Tapi masih okelah makan sekali dua kali.

Baca Buku

Selama WHF ini saya juga menyempatkan baca buku selain untuk menambah insight juga untuk mencoret target baca. Alhamdulillah ini rekor dalam kurang lebih 3 bulan saya menuntaskan 6 buku. Itungannya masih sedikit, namun bagi saya yang malas baca ini merupakan suatu hal yang luar biasa bisa menuntaskan buku sebanyak itu (padahal baru bisa dihitung jari -_-).

Seminar dan Diskusi Online

Semenjak WHF ini banyak sekali seminar dan diskusi online yang bisa diikuti. Saya mengikuti beberapa seminar dan diskusi mulai dari yang menggunakan zoom, instagram, whatsap, dll yang beberapa materi saya share di blog ini. Untuk tema saya lebih memilih tema study dan life planning serta tema bahasan yang sedang trending. Milihnya yang santai saja toh project ngoding sudah banyak menguras energi. Overall walaupun santai tapi banyak menambah insight jadi tahu hal-hal diluar sana yang tidak jadi concern bidang saya.

Fotografi dan Editing

Salah satu bucketlist saya belajar fotografi dan editing. Walaupun objectnya sekitar #dirumahaja karena kondisi yang tidak memungkinkan travel jadi ya seadanya. Hasilnya masih sangat ala-ala apa adanya hehee namanya juga masih belajar. Tapi setidaknya tidak pucat dan lebih berwarna dari sebelumnya.

Sekian catatan WHF saya. Terimakasih sudah menyempatkan membaca 🙂

Salam dari langit Cirrocumulus Jogja


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.