Review : Money Manager, Aplikasi Manajemen Keuangan Terbaik

Setelah sekian purnama akhirnya kesampaian juga review aplikasi android ‘Money Manager’. Aplikasi ini sangat bermanfaat untuk mengatur keuangan harian, bulanan, maupun taunan supaya lebih tertata dan tidak semrawut. Saya telah menggunakan app ini selama hampir 5 tahun sejak pertengahan 2016 yang pada waktu itu alhamdulillah saya mulai bekerja dan mendapatkan penghasilan pribadi. Awalnya saya menggunakan excel namun semakin bertambah hari makin ribet juga ya hehee, dan kebetulan ada teman saya yang review app ini di instagram. Akhirnya saya langsung coba. Benar-benar terbantu sih, jadi lebih mudah mengatur pengeluaran dan lebih tertata + rapih.

Mulai dari tampilannya menurut saya sangat user friendly dan menarik karena template warna dapat diganti sesuai mood >.< selain itu juga bisa menggunakan password sehingga lebih aman, data dapat dibackup di google drive, dan bisa dibuka dengan PC / Laptop.

Nah aplikasi ini bisa didownload di App Store Android dengan nama app Money Manager Expense & Budget

Pertama kali masuk app ini kita bisa input nominal incomes atau expenses kita sesuai dengan kategori yang kita tentukan. Bisa banget ditambahkan note ataupun deskripsi.

Kita juga bisa melihat rekap income dan expenses yang disajikan dalam rekap daily, calendar, weekly, monthly, dan total. Kalau untuk saya ini ngebantu banget karena kita jadi tahu expenses perhari pun perbulan jadi bisa men-stop ketika pengeluaran terlalu besar atau bahkan melebihi income. Jangan sampai total (saldo) sampai minus. Lebih bagus lagi jika limit minimun saldo ditentukan sekian untuk menjadi tambahan tabungan (dana darurat). Soal menabung insyaAllah next time nanti sy sharing jika waktu memungkinkan.

Selain rekap bulanan yang disajikan dalam nominal, kita juga dapat melihat rekap dalam persentase sehingga memudahkan kita dalam menentukan persentase pengeluaran sesuai kategori yang kita inginkan.

Misalkan, bagi saya untuk kategori internet 5% itu cukup, jadi menjelang akhir bulan ketika kuota internet sudah limit dan expense untuk internet sudah mencapai 5% maka saya harus lebih hemat lagi atau cari cara lain pakai wifi misalnya. Namun, jika benar-benar mendesak harus menambah persentase internet menjadi >5% its okay selama masih dalam batas wajar.

Nah untuk persentase ini juga dapat ditampilkan dalam periode tertentu sesuai yang kita inginkan tau bisa juga weekly, monthly, yearly.

Last but not least pada app ini juga disajikan saldo perbulan dalam bentuk grafik garis sehingga sangat memudahkan kita tanpa perlu melihat langsung nominalnya. Tapiiiii kalau mau lihat nominalnya yang lebih detail juga bisa banget dibagian bawah grafik garis. Dibawahnya lagi juga ditampilkan grafik batang perbandingan antara incomes dan expenses. Overall aplikasi ini lengkap sekali, puas menggunakan Money Manager hingga hampir 5 tahun saya belum menemukan aplikasi lain yang lebih oke dari Money Manager.

Oh ya selain di android, Money Manager juga dapat dibuka di PC dan dapat diexport ke excel. Beberapa bulan lalu masih free tinggal buka saja, namun entah sejak bulan berapa (tidak begitu ngeh) mulai pakai registration code. Nah buat teman-teman bisa sekali pakai kode Money Manager saya 28B7A1C227 agar bisa sama-sama dapat point dan bisa unlock ke premium features jadi bisa pakai PC lagi.

Terimakasih sudah menyempatkan membaca. Semoga bermanfaat.


2 thoughts on “Review : Money Manager, Aplikasi Manajemen Keuangan Terbaik

  1. Itu kan ada kayak tabungan gitu kak. Terus semisal kita mau tau jumlah tabungan gitu pencatatannya gimana ya?

  2. Halo kak Mei. Untuk jumlah tabungan (category) bisa dilihat di screnshoot 5 dan 6 kak yang ada grafik lingkaran, tinggap ganti periodenya saja. Atau juga bisa buat account baru supaya lebih mudah jadi nabungnya ga pakai button expense tapi bisa jg transfer.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.