#BijakKelolaSampah Program ‘Send Your Waste’ Waste4Change, Kontribusi Kecil untuk Bumi

Sekitar sebulah yang lalu, ketika sedang asyiknya scroll instagram saya menemukan sebuah program yang cukup menarik nih. Namanya program Send Your Waste yang mana program ini diprakarsai oleh Waste4Change.

Program Send Your Waste

Dengan adanya program Send Your Waste atau SWY yang sudah beroperasi sejak Oktober 2018 ini kita bisa mengirimkan sampah anorganik untuk didaur ulang secara tanggung jawab karena sampah akan didaur ulang secara terpisah sesuai dengan jenisnya. Menarik bukan? Nah ini nih jenis sampah anorganik yang dapat dikirim ke Waste4Change :

  • Sachet multilayer
  • Kertas
  • Plastik
  • Kaca
  • Metal
  • Kemasan bekas brand

Sistem Kerja Program SWY

Lalu bagaimana sih sistem kerja program SWY ini? Nah untuk sistem SWY ini sendiri cukup simple. Sebelum mengirimkan sampah anorganik kita harus memilah sampah sesuai jenisnya. Alangkah lebih baiknya juga, sampah yang dalam hal ini sebagai material daur ulang bisa kita cuci terlebih dahulu supaya tidak tercampur dengan zat kimia lain misalkan sisa cairan dalam botol brand.

Selanjutnya isi form di website program SWY Waste4Change untuk mengisi data diri dan menentukan tujuan pengiriman dimana terdapat dua lokasi yaitu Bekasi dan Sidoarjo. Pada setiap isi form pengiriman kita akan mendapatkan kode unik SYW untuk disematkan pada kemasan.

Jika sudah mengisi form dan menentukan tujuan serta mendapat kode unik kemudian kemas sampah anorganik yang akan dikirim. Jangan lupa print / tulis dan tempelkan alamat serta kode unik pada kemasan. Selesai, sampah siap dikirim dan didaur ulang.

Pengisian form data diri dan tujuan

Nah untuk pengisian form ini saya sudah lalukan sejak sebulan yang lalu walaupun sampah anorganik yang saya kumpulkan baru siap dikirim minggu ini hehee. Untuk pengisian form sangat mudah kita bisa mendaftar di website program SWY Waste4Change dan mengisi data diri.

Jika kita sudah login bisa langsung pilih opsi Kirim sampah.

Selanjutnya kita akan diminta untuk memilih tujuan pengiriman dimana tersedia dua lokasi di Bekasi dan Sidoarjo. Karena Sidoarjo sedang tutup, maka saya memilih tujuan pengiiriman Bekasi.

Berikutnya isi data alamat rumah pengirim. Nah karena saya sudah pernah mengisi alamat, jadi alamat akan muncul secara otomatis. Dikarenakan pernah melakukan pendaftaran transaksi pengiriman, namun sampai sekarang sampah anorganiknya belum dikirim hehee jadi ada keterangan transaksi tertunda.

Jika data alamat sudah diinput kemudian akan muncul tujuan pengiriman, alamat pengirim, serta kode unik, yang dapat kita cetak dan ditempel pada kemasan. Untuk mencetak / print dapat memilih print label.

Berikut ini adalah tampilan label yang siap ditempel pada kemasan.

Selanjutnya kita bisa memilih jasa pengiriman yang akan digunakan serta memberi keterangan / penjelasan mengenai paket.

Jika proses telah selesai maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Selamat, atas kontribusi Anda untuk bumi πŸ™‚

Btw di ini adalah info yang saya peroleh dari instagram waktu itu hingga akhirnya saya mencoba untuk turut serta berkontribusi.

Terimakasih sudah meluangkan waktunya membaca hingga akhir.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.