Vegetarian Food Preparation

Jadi selama sebulan ini setelah balik tugas ke Lombok saya memutuskan untuk memasak. Selain untuk menghemat, saya juga lebih bisa mengontrol bahan makanan yang masuk ketubuh sebisa mungkin harus bersih dan sehat apalagi dimasa pandemi Covid19 ini. Dengan memasak rasa-rasanya juga lebih puas bisa memilih mau makanan apa, jadi tidak monoton itu-itu saja.

Nah, dikarenakan pandemi juga saya lebih banyak #dirumahaja, belanja setiap seminggu sekali atau setiap bahan makanan habis antara 7-11 hari sekali. Waktu belanja pertama kali sayur hanya bertahan tidak sampai seminggu akhirnya saya mencari cara supaya sayur tetap segar dalam waktu lama dan berhasilll seminggu lebih masih fresh.

  • 02 Januari 2021
  • 17 Januari 2021

Terus gimana sih caranya supaya sayur tetap awet dan segar??

Pertama. Siapkan container bisa pakai apa saja selama tertutup rapat. Disini saya menggunakan box microwave dikarenakan harganya yang murah, bahannya juga transparan sehingga memudahkan ketika mengambil sayur tanpa harus bongkar-pasang container dalam kulkas. Jika ada box yang rusak, mudah cari dengan ukuran yang sama pun jika di tumpuk di kulkas akan lebih rapi dan menghemat tempat karena lebih rapat.

Kedua. Tempatkan 1 lembar tisu pada dasar box untuk menyerap air yang menguap dari sayuran. Lebih banyak tisu lebih baik.

Ketiga. Potong sayuran jika tidak memungkinkan ditempatkan secara utuh dalam box atau jika ingin memotong semua sayur juga tidak masalah. Kalau saya selama masih muat di box tidak saya potong kecuali jika motongnya ribet yasudah saya potong sekalian supaya tidak buru-buru pas masak untuk bekal dinas.

Keempat. Ini bisa dilakukan tapi bisa juga diskip. Cuci sayur hingga bersih kemudian angin-anginkan hingga tidak ada sisa air di sayuran. Setelah itu baru dimasukkan di box. Nah, saya sendiri tergantung sayurnya jika cepat kering maka saya cuci jika keringnya lama tidak saya cuci karena tidak ada tempat untuk mengeringkan sayuran sehingga saya harus mencuci sewaktu akan memasak. Tapi sebaiknya dicuci sih supaya sayur juga lebih fresh dan pas disimpan sudah dalam kondisi bersih, yang terpenting masuk box harus benar-benar kering.

Kelima. Tutup box secara rapat hingga tidak ada udara yang masuk keluar. Hal ini sebenarnya juga penting sekali memperlambat bunga es di freezer, kalau tidak salah saya pernah baca air pada penguapan sayur dan seringnya buka tutup pintu kulkas yang menyebabkan dalam kulkas berembun hingga mempercepat bunga es. CMIIW

Keenam. Ganti tisue tiap 4 hari sekali atau setiap sudah basah supaya sayur tetap segar dan tidak busuk. Biasanya yang cepat berair itu sayur dedaunan selain itu hingga seminggu pun masih kering atau hanya basah sedikit.

Untuk penataan di kulkas usahakan serapih mungkin ya supaya memudahkan ketika akan mengambil bahan-bahan yang dibutuhkan. Ini adalah susunan penempatan box yang saya lakukan.

Semoga bermanfaat.

Terimakasih.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.