Cuan Bareng Reksadana Syariah Bibit

Tepatnya setahun yang lalu, awal 2020, setelah memulai berinvestasi pada sektor real dalam bentuk emas akhirnya saya mencoba berinvestasi pada sektor non real yaitu reksadana. Awalnya saya ingin berinvestasi saham, namun dikarenakan resiko yang cukup tinggi dan saya belum cukup ilmu serta mitigasi risikonya maka saya memutuskan reksadana. Nah, jenis investasi reksadana itu sendiri ada 3 macam meliputi pasar modal, obligasi, dan saham.

Saat ini ada berbagai aplikasi fintech reksadana mulai dari Bibit, Bareksa, Ajaib, Tanam Duit, pun bisa juga melalui online shop seperti Tokopedia. Tiap aplikasi mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Setelah mencari referensi dari artikel blog maupun bertanya pada teman yang sudah berpengalaman, saya memutuskan untuk menggunakan aplikasi Bibit.

Kenapa memilih Bibit?

Bibit merupakan salah satu aplikasi investasi yang telah terdaftar dan diawasi OJK (Otoritas Jasa Keuangan) sehingga insyaAllah uang yang kita investasikan akan aman. Fitur yang paling saya suka pada Bibit dan tidak ada pada aplikasi lain yaitu Bibit mempunyai fitur preferensi syariah.

Tampilan Bibit sangat user friendly simple minimalis dengan perpaduan warna hijau, abu-abu, serta background putih. Selain itu, Bibit didesain untuk memudahkan investor pemula yang mana masih sangat awam dengan reksadana, dimana pada setiap menu maupun istilah tertentu terdapat keterangan. Keterangan disajikan dalam icon “i” pada samping kanan atas setiap istilah yang mungkin belum familiar bagi investor pemula. Sebagai contoh tampilan dibawah ini dimana terdapat keterangan yang menjelaskan apa itu expense ratio.

Bibit juga mempunyai Robo Advisor yaitu aplikasi yang membantu investor untuk memilih investasi apa yang sebaiknya diambil berdasarkan profil risiko investor, target investasi, hingga tujuan investasi. Robo Advisor ini sangat pintar dimana dapat membantu menentukan profil investor apakah agresif atau konservatif sesuai jangka investasi jangka pendek atau panjang.

Tampilan chart / grafik yang disajikan juga sangat mudah dipahami dimana pada bagian bawah grafik terdapat informasi yang menjelaskan drawdown grafik, expense ratio, CAGR, dll. Investor juga dapat membandingkan antara reksadana satu dan lainnya. Pada bagian ini juga disajikan alokasi aset, prospektus, dan fun fact sheet yang membantu investor untuk mengetahui fundamental manajer investasi pengelola aset.

Nah untuk tampilan portofolinya seperti ini dimana disajikan nilai portofolio keseluruhan asset serta portofolia pada masing-masing reksadana secara detail.

Untuk teman-teman yang baru mendaftar dan berinvestasi di aplikasi Bibit bisa banget nih pakai kode referral apriliaerlita. Nantinya teman-teman akan mendapatkan cashback sebesar 25.000 rupiah lumayan ga tuh hehee. Dan saya kecipratan rezekinya juga insyaAllah sama dapat 25.000 rupiah.

Semoga bermanfaat. Terimakasih


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.