Sangkar Meteorologi

Berikut ini materi Sangkar Meteorologi yang saya bawakan dalam konten Ngupi#6 Ngobrol Update Info Cuaca Terkini. Semoga bermanfaat 🙂

Sangkar Meteorologi

Sangkar Meteorologi merupakan bangunan kecil terbuat dari kayu yang digunakan untuk menempatkan peralatan meteorologi yaitu termometer sebagai alat utama untuk pengamatan cuaca dan iklim. Termometer di sangkar meteorologi ini terdiri dari termometer bola kering, termometer bola basah, termometer maksimum, dan termometer minimum.

Sangkar meteorologi berfungsi untuk melindungi alat meteorologi yang ada di dalamnya dari radiasi matahari secara langsung. WMO (World Meteorological Organization) menyebutkan bahwa suhu terukur merupakan suhu yang ditunjukkan oleh termometer yang terkena udara langsung namun tetap terlindung dari pancaran radiasi matahari secara langsung.

Dimensi Fisik Sangkar Meteorologi

Sangkar meteorologi biasanya ditempatkan di taman alat yaitu suatu tempat terbuka untuk menempatkan peralatan pengamatan cuaca konvensional maupun peralatan canggih. Sangkar ini ditempatkan di atas tanah dengan tinggi 1,2 m hingga 1,5 m. Adapun spesifikasi sangkar meteorologi adalah sebagai berikut :

  1. Terbuat dari kayu yang kuat dan tahan lama.
  2. Memiliki atap, plafon, lantai, dan dinding ventilasi ganda.
  3. Berwarna / dicat putih yang berfungsi untuk mengurangi penyerapan panas.
Source : http://www.climate4life.info

Sangkar meteorologi mempunyai 2 pintu yang berada di sisi utara dan selatan. Jika sangkar berada di selatan katulistiwa maka pintu sisi utara dibuka saat pengamatan 17 Oktober – 27 Februari sedangkan pintu sisi selatan pada 28 Februari – 16 Oktober. Jika sangkar meteorologi berada di utara katulistiwa maka waktu ditukar. Hal ini didasarkan pada gerak semu matahari sehingga ketika sangkar dibuka maka termometer tidak terpapar radiasi matahari secara langsung.

Source : http://www.climate4life.info

Pada ventilasi terdapat kisi-kisi yang berfungsi untuk meredam turbulensi udara yang masuk ke dalam sangkar meteorologi. Sehingga suhu yang terukur merupakan suhu sesungguhnya bukan suhu sesaat yang ditimbulkan hembusan angin yang masuk ke sangkar.

Termometer

Berikut ini merupakan penempatan termometer dalam sangkar meteorologi :

1 = Termometer bola kering, 2 = termometer bola basah, 3 = termometer maksimum dan 4 = termometer minimum.
Source : http://www.climate4life.info

Termometer Bola Basah dan Bola Kering

Termometer bola basah dan bola kering sama-sama menggunakan air raksa sebagai pengukur suhu. Hanya saja yang membedakan pada ujung termometer bola basah terdapat kain muslin yang dicelupkan dalam air aquades / air murni sehingga suhu termometer bola basah lebih rendah (lembab) dari bola kering. Selisih suhu keduanya digunakan untuk menghitung nilai dew point / titik embun. Termometer bola basah mengukur suhu yang dibutuhkan untuk menguapkan air yang meresap di kain muslin. Kain muslin harus diganti setiap seminggu sekali. Untuk penempatannya kedua termometer ditempatkan sejajar vertikal. Pengamatan suhu pada termometer ini dilakukan setiap 1 jam sekali.

Termometer Maksimum dan Minimum

Termometer maksimum merupakan termometer yang menggunakan air raksa dimana pada ujungnya terdapat celah atau contriction. Termometer ini digunakan untuk mengukur suhu maksimum dengan prinsip kerja ketika suhu naik maka air raksa akan mengembang dan menunjukkan anggka yang lebih tinggi. Ketika suhu kembali turun maka air raksa akan tetap menunjukkan suhu maksimum sebelumnya dikarekan air raksa tidak dapat kembali ke bulb pada ujung raksa karena terdapat celah. Untuk mereset suhu maka termometer harus dikibaskan sehingga air raksa akan kembali ke bulb dan menunjukkan suhu yang kecil. Pengamatan suhu maksimum dilakukan pada malam hari jam 12.00 UTC.

Termometer minimum merupakan termometer yang digunakan untuk mengukur suhu minimum. Termometer ini menggunakan alkohol yang mana mempunyai titi beku lebih rendah. Pada bagian tengah selongsong alkohol terdapat index yaitu benda menyerupai jarum yang menunjukkan suhu minimum terukur. Prinsip kerja termometer ini ketika suhu menurun maka index akan menunjukkan suhu yang rendah dan ketika suhu naik maka alkohol akan mengembang namun index tetap berada pada suhu minimum. Cara mereset termometer ini dengan memiringkan termometer sehingga index berpindah pada suhu yang lebih tinggi (ujung alkohol).


One thought on “Sangkar Meteorologi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.