Liburan ke Gili Trawangan Lombok Dimasa Pandemi Covid-19

Tepatnya 4 Juni 2021, ini adalah kali ketiga saya ke Gili Trawangan. Sebelumnya saya pernah kesini lima tahun yang lalu sewaktu PKL tepatnya 2016 sebelum adanya gempa 2018 dan sebelum adanya pandemi covid. Bicara mengenai perbedaannya tentu sangatlah jauh berbeda, lima tahun itu cukup lama lho.

2016

Kala itu belum terjadi gempa bumi yang memporak porandakan Lombok begitupun juga pandemi covid. Gili Trawangan sangatlah ramai, chill vibesnya itu dapat. Mayoritas mungkin kurang lebih 90% itu adalah turis asing alias bule dan waktu itu memang benar-benar ramai. Hampir disetiap perjalanan mengelilingi pulau ini dengan sepeda kami bertemu turis dan cafe pun penginapan yang kami lewati tak pernah sepi pengunjung. Mau foto di spot instagramable pun terkadang harus mengantri. Apalagi yah? Harga penginapan dan penyewaan sepeda masih normal, nunggu kapal penyebrangan tidak terlalu lama karena banyak pengunjung. Kurang lebih seperti itu.

2021

Turun dari kapal penyebrangan rasa-rasanya shock sih hehee tapi memang benar sebeda itu. Benar-benar sepi pengunjung mungkin 3 : 10 dari pertama kali saya kesini. Bisa dibalik kali ya mungkin 90% lebih banyak turis lokal dari pada asing. Saat kami menyewa sepeda juga semurah itu kalau dulu 25.000 untuk kurang lebih 2 jam sekali keliling pulau nah sekarang bisa untuk sehari semalam. Harga penginapan juga murah sekali bisa dibaca di postingan ini ya. Sewaktu kami bersepeda keliling pulau sedih sih rasanya banyak toko pun penginapan yang tutup bahkan banyak juga yang gulung tikar. Insfrastruktur ada beberapa yang rusak karena gempa yang sampai sekarang belum direnovasi kembali. Saat ini menurut saya Gili Trawangan lebih pas untuk liburan yang lebih santai dan tenang, bukan chill.

Dampak dan pengaruh pandemi covid seperti ini ternyata sangat besar dibidang pariwisata. Apalagi Gili Trawangan dengan berkurangnya turis asing sebagai pengunjung utama kerasa sekali ekonominya anjlok hingga banyak usaha disana yang tutup semestara bahkan gulung tikar. Semoga pandemi segera selesai dan dunia segera pulih dan membaik kembali.


2 thoughts on “Liburan ke Gili Trawangan Lombok Dimasa Pandemi Covid-19

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.