Hidup Produktif dengan Aplikasi Habits Tracker

Beberapa bulan yang lalu saya sempat kepikiran untuk melakukan beberapa rutinitas supaya lebih produktif. Nah supaya lebih teratur dan konsisten akhirnya saya install beberapa aplikasi habit tracker namun belum ada yang cocok. Ada saja yang kurang. Hingga pada installasi ke sekian saya menemukan aplikasi yang UI/UX nya benar-benar pas sesuai dengan yang saya inginkan. Namanya aplikasi ‘LOOP HABIT TRACKER’.

Aplikasi habit tracker ini bisa didownload di google play store : https://play.google.com/store/apps/details?id=org.isoron.uhabits

Tampilan. Mulai dari tampilan ya, applikasi ini bisa disesuaikan dengan keinginan bisa menggunakan dark mode maupun light mode, bisa hide or unhide completed habit, dan habit bisa diurutkan sesuai name, color atau score. Tampilannya seperti di bawah ini.

Untuk kotak biru merupakan list habit namun mohon maaf saya blok tidak dapat saya tunjukkan hehee. Nah sebelum list habit itu ada lingkaran yang merupakan overview persentase progres kita. Perhitungannya sendiri saya kurang tau pasti namun sepertinya merupakan persentase jumlah habit yang dilakukan terhadap jumlah habit yang seharusnya dilakukan. Selanjutnya di bagian kanan ada centang dan silang yang mengartikan jika centang maka habit tersebut kita lakukan pada hari itu dan jika silang berarti habit tidak kita lakukan.

Nah untuk pembuatan habit itu sendiri sangat mudah. Tinggal klik tanda Plus (+) di pojok kanan atas kemudian akan muncul pop up seperti di bawah ini. Habit yang kita buat juga bisa ditambahkan repeat (perulangan) dan reminder serta kita atur warnanya. Suka dengan warna-warna softnya.

Overview. Untuk overviewnya sendiri menurut saya sangat bagus, lengkap, dan mudah dipahami dimana terdiri dari overview persentase, score, history, calendar, best streaks, dan frequency. Overview presentase ini bisa mengukur apakah kita sudah melaksanakan semua habit (100%) atau belum.

Nah kalau saya yang jadi patokan habit adalah score, jika grafik naik terus artinya score saya semakin baik berarti progres habit yang saya lakukan baik dan mendekati konsisten. Sedangkan jika grafik score turun berarti progres habit yang saya lakukan semakin buruk atau malah tidak ada progres sama sekali.

History menunjukkan seberapa banyak habit yang dilakukan dalam kurun waktu perminggu, perbulan, pertahun, dan perperiode tertentu.

Calendar menunjukkan tanggal berapa saja habit dilakukan. Saya paling suka melihat tampilan ini rasanya puas jika semua kalender berwarna tidak ada yang kosong. Kalau ada kosong sedikit saja apalagi banyak rasanya nyesel duh kok ga dikerjain sih waktu itu.

Best streaks menunjukkan berapa hari kita konsisten dengan habit yang kita buat? Semakin banyak nilai harinya maka semakin konsisten dan rutin mengerjakan habit tersebut.

Nah yang terakhir adalah frequency yaitu seberapa banyak habit yang dikerjakan pada bulan tersebut berdasarkan hari. Semakin besar lingkaran maka semakin konsisten habit dikerjakan pada hari itu.

Pada aplikasi Loop Habits Tracker ini juga terdapat database dimana kita bisa export dan impor data dalam format CSV yang terdiri dari 3 file yaitu checkmarks, habits, dan scores.

Di bawah ini adalah contoh filenya.

Ga ngerti lagi ini aplikasi sebagus dan sebermanfaat itu, recomended banget sih. Review ini adalah review jujur dan no endorse. Hanya ingin sharing supaya manfaatnya tidak hanya terbatas untuk saya namun juga untuk teman-teman lainnya.

Selamat mencoba. Semoga bisa terus konsisten dengan habit baik kita.


One thought on “Hidup Produktif dengan Aplikasi Habits Tracker

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.