CTD (Conductive Temperature Depth)

Suhu Air Laut

Suhu air laut berkisar -2 hingga 40 derajat Celcius mulai dari suhu air laut di daerah kutub sampai air laut di daerah tropis (perairan dangkal). Suhu air permukaan memperlihatkan kisaran yang amat luas sedangkan air laut dalam lebih stabil. Suhu perairan dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain : radiasi matahari, posisi matahari, letak geografis, musim, kondisi awan, proses interaksi air dan udara, penguapan dan hembusan angin. Secara alamiah atau terbesar faktor yang mepengaruhi besarnya suhu adalah matahari.

Setiap detik matahari memancarkan bahang sebesar 1026 kalori dan setiap tempat di bumi yang tegak lurus ke matahari akan menerima bahang sebanyak 0,033 kalori/detik. Pancaran energi matahari ini akan sampai ke batas atas atmosfer bumi rata-rata 2 kalori/cm2/menit. Pancaran energi ini juga sampai ke permukaan laut dan diserap oleh massa air.

Secara keseluruhan sebagian besar air samudera itu dingin. Kurang dari 10% volume air laut di muka bumi yang suhunya lebih dari 10 derajat Celcius dan 75% suhunya di bawah 4 derajat Celcius

CTD (Conductive Temperature Depth)

CTD (Conductive Temperature Depth) merupakan suatu instrumen yang mampu mengukur karakteristik air seperti suhu. CTD juga dapat mengukur salinitas, tekanan kedalaman, dan densitas alat ini terdiri dari unit masukan yang berupa sensor CTD, rosette, botol, sampel kabel koneksi dan lain lain. Sensor berfungsi untuk mengukur tekanan, suhu, dan konduktivitas, sedangkan unit unit pengolahnya yaitu berupa sensor CTD dan komputer dengan perangkat lunak. Unit pengontrol berfungsi mengubah sinyal analog ke digital. CTD memilik tiga sensor utama yaitu sensor tekanan, sensor temperatur, dan sensor konduktivitas.

Prinsip Kerja CTD

Instrumen CTD terdiri dari seperangkat probe kecil yang menempel pada rangkaian roset besar. Roset diturunkan dengan kabel ke dasar laut. Dengan CTD kita dapat mengamati sifat air secara real time melalui kabel yang menghubungkan CTD ke komputer (monitor) di kapal. Seperangkat CTD dioperasikan dari jarak jauh yang memungkinkan botol air dapat ditutup secara selektif ketika instrumen dinaikkan.

Prinsip kerja CTD

CTD tergantung pada kedalaman air, membutuhkan dua sampai lima jam untuk mengumpulkan satu set lengkap sampel data air. Pengambilan sampel air sering dilakukan pada kedalaman tertentu sehingga para ilmuwan dapat mempelajari sifat fisik dari kolom air di tempat (kedalaman) tertentu dan waktu.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.