Strategi Arsitektur Bangunan Sesuai Iklim Daerah

Supaya bangunan dapat ditempati dengan nyaman maka dalam pembangunan bangunan diperlukan strategi sesuai dengan iklim daerah tersebut, antara lain :

Daerah Tropis Kering

Daerah ini memunyai ciri-ciri kelembaban rendah yang menyebabkan curah hujan juga rendah. Perbedaan temperatut antara malam dan siang sangat besar. Radiasi matahari sangat kuat dan permukaan tanah reflektif. Suhu udara pada siang hari tinggi dan pada malam hari rendah (45° dan -10° Celcius). Pada malam hari berbalik dingin karena radiasi balik bumi cepat berlangsung (cepat dingin bila dibandingkan tanah basah/lembab). Menjelang pagi udara dan tanah benar-benar dingin karena radiasi balik sudah habis. Pada siang hari radiasi panas tinggi dan akumulasi radiasi tertinggi pukul 15.00. Sering terjadi badai angin pasir karena dataran yang luas. Pada waktu sore hari sering terdengar suara ledakan batu-batuan karena perubahan suhu yang tiba-tiba drastis. Sehingga dalam pembuatan bangunan dipemlukan strategi sebagai berikut :

  • Mempergunakan bahan-bahan dengan time lag tinggi agar panas yang diterima siang hari dapat menghangatkan ruangan di malam hari. Konduktivitas rendah agar panas siang hari tidak langsung masuk ke dalam bangunan. Berat jenis bahan tinggi, dimensi tebal agar kapasitas menyimpan panas tinggi.
  • Bukaan-bukaan dinding kecil untuk mencegah radiasi sinar langsung dan angin atau debu kering masuk sehingga mempertahankan kelembaban.
  • Memperkecil bidang tangkapan sinar matahari dengan atap-atap datar dan rumah-rumah kecil berdekatan satu sama lain saling membayangi, jalan-jalan sempit selalu terbayang. Atap datar juga untuk menghindari angin kencang, karena curah hujan rendah.
  • Menambah kelembaban ruang dalam dengan menambahkan kolam dan tanaman pada ruang yang terbuka agar angina tau udara yang dibawa terasa lebih sejuk.

Daerah Iklim Sub Tropis

Daerah ini memiliki empat musim, yaitu musim semi, musim panas, musim gugur, dan musim dingin. Perbedaan musim yang sangat jelas, maksudnya pada musim panas radiasi matahari besar, sedangkan pada musim dingin radiasi matahari sangat kecil. Jam siang musim panas lebih lama dari pada jam malam, sebaliknya pada musim dingin jam siang lebih pendek dari pada jam malam. Akumulasi panas pada musim panas lebih kurang ¾ waktu musim panas, begitu sebaliknya pada musim dingin. Pada waktu musim dingin hujan salju, kelembaban rendah. Pada musim-musim tertentu disertai angin dataran yang cukup kencang. Pada belahan utara sinar matahari selalu berada di selatan dan pada musim dingin kadang-kadang matahari tidak muncul. Adapun dalam pembangunan bangunan diperlukan strategi sebagai berikut, antara lain :

  • Pengaturan bangunan di lokasi pedalaman seperti di daerah tropika kering dengan orientasi utara-selatan untuk fosade lebar.
  • Letak banguan tidak terlalu rapat untuk mendapatkan cahaya matahari dalam musim dingin.
  • Pemanfaatan aliran udara didaerah pantai.
  • Ruang terbuka diberi peneduh berupa vegetasi dan perlindungan untuk musim dingin
  • Ruangan-ruangan dibantu pemanasannya dengan jendela-jendela kaca menghadap selatan untuk menangkap panas. Kadang-kadang pada musim dingin dibantu dengan pemanasan listrik dan perapian di dalam ruangan.
  • Bangunan dibuat dengan dinding rangkap yang tebal, dengan penambahan bahan isolasi panas di antara kedua lapisan dinding sehingga panas di dalam bangunan tidak mudah dirambatkan ke udara luar.

Daerah Iklim Tropis Basah

Daerah ini memunyai ciri-ciri Curah hujan tinggi, kelembaban tinggi, temperatur yang hampir selalu tinggi, angin (aliran udara) sedikit, radiasi matahari sedang sampai kuat (matahari bersinar sepanjang tahun), dan pertukaran panas kecil, karena tingginya kelembaban sehingga air tidak mudah menguap. Adapun dalam pembangunan bangunan diperlukan strategi sebagai berikut  :

  • Bangunan sebaiknya terbuka dengan jarak yang cukup antara masing-masing banguna, untuk menjamin sirkulasi udara yang baik.
  • Menghalangi radiasi sinar matahari langsung dengan louvers dan sun shading (pembayang sinar matahari).
  • Lebar bangunan untuk mendapatkan ventilasi silang.
  • Ruang sekitar bangunan diberi peneduh, tanpa mengganggu sirkulasi udara.
  • Isolasi radiasi panas dengan ruang udara (pada atap dan pemakaian bahan-bahan bersel dan berpori atau berongga)
  • Kenyamanan Thermis dicapai dengan aliran udara yang mengenai tubuh manusia.
  • Menghentikan/isolasi radiasi dengan reflektor kurang sesuai karena akan menambah panas lingkungan dan mengurangi penerapan kelembaban dan penguapan.
  • Bahan-bahan yang dipakai sebaiknya mempunyai BJ kecil (ringan), time lag rendah, kapasitas panas kecil, dimensi kecil, berat sendiri kecil, dapat mengikuti kadar kelembaban udara sekitar dan konduktivitas panas rendah.
  • Curah hujan tinggi diatasi dengan kemiringan atap curam
  • Kelembaban tinggi, diatasi dengan:Penggunaan dinding porous pada bangunan agar dapat ikut menyerap uap air di dalam ruangan dan meningkatkan kenyamanan. Dinding dikeringkan aliran udara yang melewati celah-celah dinding, mendinginkan permukaan bangunan.
  • Bangunan mempunyai dua jenis jendela, temporal dan tetap.
  • Radiasi sinar langsung, diatasi dengan pemakaian sun shading. Agar panas tidak terakumulasi dipakai bahan yang kapasitas panasnya kecil. Pada malam hari, udara lembab akan mengembun dan jenuh, yang akan menimbulkan rasa panas. Karena itu, bahan yang dipakai harus mempunyai time lag rendah (cepat panas, cepat dingin). Pada siang hari, radiasi tinggi, bahan bangunan harus mempunyai konduktivitas panas rendah dan isolasi panas dengan udara mengalir (membawa udara panas dan uap air di permukaan bahan), mengurangi panas bangunan. Dimensi dan berat kecil agar tidak menyimpan panas. Pagi hari, suhu udara terdingin, bangunan harus membatasi pengeluaran panas dari dalam bangunan.
  • Udara lembab, tanah lembab, radiasi panas balik dari tanah membuat udara jenuh. Keadaan ini ditanggulangi dengan mengangkat lantai bangunan untuk memberi kesempatan udara mengalir di kolong bangunan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.