Arsitektur Di Daerah Kutub

Ciri Arsitektur Iklim Dingin

  • Radiasi panas tidak pernah tegak lurus
  • Jumlahnya minim walau di musim panas. di belahan utara matahari hanya tampak di selatan, terbit di timur, tapi tidak-pernah tinggi dan sudah turun lagi.
  • Pada musim panas matahari tidak pernah tenggelam (kadang-kadang) dan pada musim dingin matahari kadang-kadang tidak muncul, dan angin dingin kencang sekali.
  • Terang langit sedikit sekali dan iluminansinya rendah matahari tidak seterang di khatulistiwa.
  • Kelembaban tinggi karena adanya penguapan es

Strategi Kinerja Bangunan

  • Membatasi pertukaran udara dalam dan luar, karena pertukaran udara membawa serta energi panasnya.
  • bentuk bangunan rendah, tahan angin, stream line, dan tidak menahan angin dingin
  • Jendela untuk menangkap cahaya matahari sudah tidak layak, karena terlalu kecil pengaruhnya.
  • bahan-bahan yang dipakai mempunyai berat jenis besar, time lag panjang, konduktivitas panas kecil, masif dan tebal
  • bangunan cenderung membulat untuk mencegah pengeluaran panas.
  • Masa-masa bangunan cenderung disusun kompak menjadi satu dan padat, dengan bukaan-bukaan tersembunyi dan kecil.

Iglo / Snowhouse

Igloo merupakan rumah atau tempat tinggal sementara orang-orang Inuit (penduduk asli amerika). Igloo bentuknya seperti kubah dan terbuat dari es yang sudah mengeras, selain itu juga ditambahkan kerangka-kerangka binatang sperti kerangka ikan paus dan juga kulit hewan sebagai pelapis. saat ini, kalau mau nyari Igloo, datang aja ke daerah arktik Tengah, Kanada atau di Thule, Greenland.

Nama Igloo sendiri sebenarnya mempunyai arti rumah dalam berbagai bentuk. namun, barubaru ini orang-orang disana sering menyebutnya menjadi Igluvigaq yang berarti rumah dari salju. untuk membuat sebuah Igloo, kita memerlukan salju yang sudah mengeras. salju yang keras ini bukan berarti susah juga untuk dipotong. salju yang baik untuk membuat Igloo adalah keras namun lunak untuk dipotong. blok-blok salju nantinya dipotong dan dibuat untuk menopang satu sama lain. susunan blok nantinya akan mengikuti arah jarum jam dan tiap blok semakin lama semakin tinggi bentuknya. bila dibangun dengan benar, bagian atap kubah igloo sanggup menahan berat satu orang yang berdiri di atasnya. Panas dari lampu tradisional Inuit yang disebut qulliq bisa melumerkan es pada bagian dalam igloo, tapi bagian es yang mencair bisa segera beku kembali dan membentuk lembaran es baru yang menambah kekuatan bangunan igloo.

Ruang tidur terletak di bagian dalam rumah yang lebih tinggi daripada ruangan yang ada di dekat pintu masuk. bagian dalam igloo yang lebih rendah merupakan ruangan tempat udara dingin berkumpul, karena udara dingin yang mempunyai berat jenis tinggi mengalir ke bawah. sebaliknya, udara panas yang mempunyai berat jenis rendah mengalir ke atas, sehingga ruang tidur tetap hangat bila dipasang pemanas, lampu, atau tidur dengan hanya memakai selimut.

Jangan sangka kalau di dalam Igloo itu dingin. di dalam Igloo suhunya malah menjadi panas. Panas di dalam Igloo disebabkan karena rumah Igloo yang terbuat dari es atau salju memiliki sifat yang tidak mudah menghantarkan panas (isolator). Panas itu sendiri berasal dari dalam tubuh kita sehingga panas tubuh kita tetap tertahan didalam iglo dan kita merasa hangat didalam iglo,sama halnya mengapa kita merasa hangat kalau pakai selimut saat udara dingin. selain itu, panas tersebut juga dapat berasal dari lampu yang dinyalakan di dalam Igloo. untuk meningkatkan panas, dapat juga digunakan kulit binatang supaya di dalam Igloo lebih hangat lagi. Kulit hewan ini dapat meningkatkan suhu lebih hangat


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.