#1 Arti Minimalism

Postingan di bawah ini merupakan materi Kelas Beberes Rumah disampaikan oleh Kak Devi Melissa yang diadakan oleh WLC (Women’s Learning Community) pada 27 September 2021 hingga 1 Oktober 2021. Saya share disini sebagai catatan pribadi dan supaya lebih banyak orang yang mendapatkan kebermanfaatan ilmu dari webinar ini. Semoga bermanfaat 🙂

.

Minimalism berasal dari 2 kata: minimalis = minimal dan ism = aliran, jadi bisa di bilang Minimalism adalah gaya hidup yang minimal.

Sebelum masehi = Agama
Saya yakin bahwa setiap agama dan kepercayaan mengajarkan hal yang baik, salah satu nya adalah hidup dengan penuh rasa syukur. Dimana kita diajarkan untuk hidup dalam kesederhanaan tanpa keinginan yang berlebihan.

1950 = art movement
Pada waktu itu terjadi perubahan besar dalam bidang seni yang di mulai di New York, Amerika Serikat. Dimana adanya pergeseran dari seni yang rumit, banyak warna, dan penuh objek, menjadi seni yang jauh lebih sederhana dengan menghilangkan objek, warna monokrom, dan sebagainya. Pergeseran di bidang seni ini tidak hanya terjadi di seni lukis, namun juga seni lainnya seperti tarian, lagu, bahkan arsitektur.

1960 = Hippies (carefree living)
Pada waktu itu Amerika Serikat sedang dalam keadaan perang dengan Vietnam, dan sebagai bentuk protes banyak dari anak-anak muda di AS turun ke jalan untuk berdemo menyuarakan pendapatnya. Gaya mereka sangat eksentrik dibanding dengan tren pada masa itu, dan yang paling terlihat adalah mereka tidak suka hidup dibawah aturan, mereka suka hidup yang bebas.

2000 = The Minimalist
The minimalist terdiri dari Joshua Fields Millburn & Ryan Nicodemus, dimana mereka lah yang mungkin menyebarkan gaya hidup minimalis masa kini. Diawali dengan buku, lalu film documenter dan sekarang meluas ke popcast dan social media lainnya. Dan dari sinilah mulai berkembang cabang atau sub kategori gaya hidup minimalis.

Minimalism adalah sebuah gaya hidup yang membantu kita untuk mengetahui apa saja hal-hal yang benar-benar berarti dan memiliki nilai penting didalam kehidupan kita, dengan menyingkirkan hal-hal yang tidak penting.

Minimalism memiliki arti yang sangat luas. Gaya hidup minimalis seorang wanita single yang masih kuliah, akan berbeda dengan gaya hidup minimalis seorang wanita dengan 3 orang anak. Tapi semua minimalist akan memiliki tujuan yang sama, yaitu a life with more time, more money, and more freedom to live a more meaningful life.

Dari gaya hidup minimalis ini kita bisa belajar untuk menemukan hal-hal apa saja yang benar-benar berarti didalam hidup kita. Mungkin dulu kita senang untuk menyimpan barang-barang karena kita berfikir bahwa dengan menyimpan barang tersebut kita menyimpan memori atau kenangan yang berhubungan dengan barang tersebut. Padahal setelah kita sadari lagi, kenangan dan memori tersebut sebenarnya bukan dari barang-barang yang kita simpan.

Misalnya ibu kita memberikan tas yang dahulu beliau pakai pada saat hari pernikahannya. Kita masih menyimpannya karena kita takut kehilangan memori yang diwariskan dari ibu kita, padahal kita sendiri tahu bahwa kita tidak akan memakai tas tersebut. Jika kita pikir lagi, sebenarnya kenangan tersebut tidak akan hilang jika tas tersebut kita berikan kepada orang lain yang ingin menggunakannya, karena sebenarnya kenangan tersebut ada didalam memori kita.

Aesthetic Minimalist

Tujuan dari jenis minimalism ini adalah clutter-free room atau ruangan yang rapih dan estetik. Yang menjadi fokusnya bukan mengurangi barang, tapi lebih ke arah merapihkan barang-barang yang ada supaya ruangan terlihat lebih rapih dan estetik.

Eco Minimalist

Eco Minimalist adalah gabungan dari gaya hidup minimalis dan eco-friendly living atau zero-waste lifestyle. Dari sini kita pasti sudah paham bahwa tujuan dari eco minimalist ini adalah mengurangi penggunaan barang atau produk yang tidak ramah lingkungan termasuk mendaur ulang barang-barang agar bisa digunakan kembali daripada dibuang dan menambah sampah lingkungan. Jadi biasanya mereka mengganti barang-barang atau produk rumah tangga mereka dengan produk yang ramah lingkungan.

Nomadic Minimalist

Jenis minimalism ini adalah orang-orang yang betul-betul membatasi jumlah barang mereka, karena yang mereka anggap penting itu bukanlah barang-barang secara fisik, tapi bagaimana mereka bisa bebas pergi traveling kemanapun dan kapanpun. Pengalaman yang baru untuk pergi ke tempat-tempat yang belum pernah mereka kunjungi dan berkenalan dengan orang-orang asing selama perjalanan, adalah hal-hal yang memberikan mereka kebagiaan. Jadi biasanya barang yang mereka miliki tidak lebih dari 50 jenis dan semuanya bisa masuk ke dalam 1 tas.

Mindful Minimalist

Untuk jenis mindful minimalist, mereka berfokus pada kebahagiaan dan ketenangan, baik itu secara fisik maupun mental. Jadi biasanya pada saat declutter, untuk orang-orang yang condong ke mindful minimalist, mereka akan mempertanyakan ke diri mereka sendiri “apa baju ini membuat aku senang saat memakainya?” “Apa aplikasi dan grup chat ini membuat hidup ku lebih baik atau malah membuat aku semakin stress?”

Jadi tujuan dari mindful minimalist ini adalah memiliki keadaan yang lebih tenang, baik itu dari segi barang, emosi, dan pikiran.

Practical Minimalist

Jenis minimalism ini bukanlah orang-orang yang mementingkan jumlah barang, tapi mereka lebih berfokus kepada fungsi yang di berikan dari barang-barang tersebut. Jadi biasanya mereka adalah orang yang cukup rasional, jika punya 1 gunting saja cukup kenapa harus punya 2? Tapi bisa juga mereka punya 2 handphone karena menurut mereka handphone kerjaan dan personal tidak bisa digabung. Jadi tujuan dari gaya hidup practical minimalist ini adalah, bagaimana gaya hidup minimalis membantu kita untuk lebih produktif setiap harinya.

Frugal Minimalist

Frugal artinya hemat, bukan pelit, frugal adalah orang-orang yang menggunakan uang nya untuk tujuan tertentu. Jadi jika digabungkan dengan gaya hidup minimalis, bagaimana gaya hidup minimalis bisa membantu kita untuk lebih banyak menabung. Kenapa bisa begitu? Karena dari gaya hidup minimalis kita belajar untuk mengurangi atau menahan diri dari keinginan sesaat, yang artinya adalah pengeluaran kita untuk hal-hal yang tidak penting juga akan otomatis berkurang.

Gradual Minimalist

Gradual minimalis adalah orang-orang yang mengadaptasi gaya hidup minimalis secara perlahan-lahan, jadi mereka menikmati setiap prosesnya. Dan pada akhirnya biasanya mereka pasti akan lebih condong ke salah satu satu atau beberapa dari jenis gaya hidup minimalis yang dijelaskan sebelumnya.


3 thoughts on “#1 Arti Minimalism

  1. Thank you for sharing this, Aprilia!

    Aku pribadi sangat tertarik dengan topik minimalism dan sudah mempraktikkannya. Dari artikel ini baru tahu kalau ada tipe gradual minimalist (mungkin pengertian sederhananya orang yang berprogres menuju gaya hidup minimalis ya). Kalau boleh menambahkan, aku pernah baca bahwa ada dua tipe minimalist lainnya: essential minimalist dan digital minimalist (yang sekarang lumayan sering dibahas).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.