GPS (Global Positioning System)

GPS (Global Positioning System) merupakan satu sistem yang dibangun untuk menetukan posisi suatu benda di permukaan bumi berdasarkan koordinat keruangannya. Suatu benda yang terdapat padanya perangkat GPS maka posisi dan perpindahannya dapat terus terdeteksi kapan saja dan dimana saja.

Pada mulanya, teknologi ini diperkenalkan oleh Angkatan Udara Amerika Serikat pada tahun 1973 untuk kepentingan militer dimasa perang dingin. Namun sekarang fungsinya merambah ke dunia sipil dalam berbagai bidang kehidupan. Salah satu aplikasinya adalah untuk kepentingan navigasi transportasi. Kendaraan yang dilengkapi perangkat GPS maka posisi dan mobilitasnya dapat terus terpantau selama perangkat tersebut aktif dan menerima sinyal dengan baik. Bahkan sekarang dengan kombinasi berbagai program aplikasi informasi-informasi pendukung seperti kecepatan kendaraan, rekam jejak, dan jumlah bahan bakar yang tersisa dapat terdeteksi.

Cara kerja GPS

Ada empat komponen utama yang membangun sistem kerja GPS yang bekerja secara integral satu dengan yang lain.

Satelit

Ini merupakan perangkat GPS dengan investasi paling mahal dan diandalkan oleh seluruh penerima sinyal di permukaan bumi. Jumlahnya ada 24 yang mengorbit pada ketinggian sekitar 20.000 km di atas permukaan bumi, berada dalam LEO (Low Earth Orbit) dan terus memancarkan sinyal. Semua satelit GPS dikendalikan oleh stasiun bumi yang berpusat di Colorado Spring, Amerika Serikat. Distribusi satelit GPS cukup merata, setiap tempat di permukaan bumi terpantau oleh minimal 4 satelit GPS.

Receiver

Peringkat ini digunakan untuk menerima sinyal dari satelit GPS dengan sebuah antena penerima. GPS receiver relatif kecil dan mudah dibawa bahkan dapat terintegrasi dengan PDA atau telepon genggam.

Perangkat Komunikasi Data

Perangkat ini digunakan untuk mentransfer data dari satelit GPS ke Control Unit Station. Komunikasi data dapat dilakukan melalui jaringan internet, jaringan GSM dan gelombang radio.

Control Unit

Perangkat ini berupa komputer atau GPS display lain yang menerima data satelit dari perangkat komunikasi data dan menyajikannya dalam bentuk visual seperti gambar peta maupun teks.

Menyalakan Instrumen GPS

  1. Tekan tombol “Power”.
  2. Tunggu beberapa menit  hingga posisi satelit terdeteksi dan sinyal satelit cukup kuat.
  3. Pesan “Ready to Navigate”, “Accuracy”, dan koordinat lokasi akan ditampilkan pada layar LCD. Dan instrumen siap untuk digunakan.

Menu-Menu Pada Instrumen GPS

  1. Tekan tombol “PAGE” untuk menampilkan menu yang kita inginkan.
  2. Terdapat 6 menu utama yang ditampilkan secara berurutan, yaitu:
    • Satellite
    • Map
    • Navigation
    • Altimeter
    • Trip Computer
    • Main Menu

Menggunakan Fungsi Navigasi Instrumen GPS

Jika kita ingin menuju suatu lokasi tanpa takut tersesat, contoh: gunung, maka GPS dapat membantu dengan cara :

  1. Pilih Halaman “Navigation” dengan menekan tombol “PAGE” beberapa kali.
  2. Gunakan “THUMB STICK” untuk masuk ke menu “Options” dan tekan “Enter” pada “Sight ‘N Go”.
  3. Pastikan pointer pada kompas GPS sejajar dengan 2 garis yang terdapat pada body GPS.
  4. Pertahankan posisi instrumen GPS sejajar dengan posisi mata kita, dan garis putih tertuju pada obyek tujuan. Tekan “Enter” untuk mengakses menu “Lock Direction”.
  5. Kemudian pilih “Set Course” untuk mengunci arah dengan menekan “Enter”.
  6. Lalu mulailah perjalanan Anda dengan panduan navigasi dari instrumen GPS.
Kalibrasi Kompas GPS
  1. Pilih halaman “Navigation” dengan menekan tombol “PAGE” beberapa kali.
  2. Gunakan “THUMB STICK” untuk masuk ke menu “Options” dan tekan “Enter” pada “Calibrate Compass”.
  3. Pada layar akan ditampilkan pesan “To Calibrate Compass”, “Slowly Turn Two Full Circles in The Same Direction While Holding the Vista Level”.
  4. Tekan “Enter” untuk mengaktifkan tombol “Start”, dan layar akan menuntun kita untuk memutar perlahan instrumen GPS sebanyak 2 putaran penuh dan pertahankan ketinggian GPS sewaktu memutarnya.
  5. Pesan “Just Right” akan muncul jika kecepatan memutar GPS sudah tepat. Jika terlalu lambat atau terlalu cepat memutar GPS, pesan “Too Slow” atau “Too Fast” akan muncul di layar LCD.
  6. Jika pesan “Calibration Successful” muncul di layar, gunakan “THUMB STICK” untuk mengakses tombol “OK”. Jika yang muncul adalah pesan “Calibration Failed”, maka tekan “Enter” untuk mengulang kembali proses kalibrasi.

Mengatur Format dan Zona Waktu, Serta Satuan Ukur

Jika Instrumen GPS sudah siap digunakan (“Ready to Navigate”), tetapi penunjukkan waktu di layar GPS tidak tepat dan kita ingin mengubah format waktu (12 jam atau 24 jam), serta satuan ukur maka kita dapat mengubahnya dengan cara :

  1. Cari halaman “Main Menu” dengan tombol “PAGE”.
  2. Pilih “Setup” pada “Main Menu”.
  3. Gunakan “THUMB STICK” untuk memilih menu “Time” untuk mengubah format waktu dan zona waktu yang kita inginkan. Dan/atau pilih menu “Units” untuk mengubah satuan ukur yang kita inginkan.
  4. Setelah selesai, tekan tombol “PAGE” untuk keluar dari menu dan kembali ke halaman yang kita inginkan.

Menentukan dan Menyimpan Koordinat Lokasi

Jika Instrumen GPS sudah siap digunakan (“Ready to Navigate”), tetapi penunjukkan waktu di layar GPS tidak tepat dan kita ingin mengubah format waktu (12 jam atau 24 jam), serta satuan ukur maka kita dapat mengubahnya dengan cara :

  1. Cari halaman “Main Menu” dengan tombol “PAGE”.
  2. Pilih “Setup” pada “Main Menu”.
  3. Gunakan “THUMB STICK” untuk memilih menu “Time” untuk mengubah format waktu dan zona waktu yang kita inginkan. Dan/atau pilih menu “Units” untuk mengubah satuan ukur yang kita inginkan.
  4. Setelah selesai, tekan tombol “PAGE” untuk keluar dari menu dan kembali ke halaman yang kita inginkan.

Mengaplikasikan Koordinat Lokasi Ke Peta Digital

Koordinat lokasi yang telah ditentukan dan disimpan pada instrumen GPS dapat diaplikasikan dalam suatu peta digital, contohnya ESRI ArcView-GIS, sehingga informasi yang diberikan oleh BMG dapat bernilai lebih, seperti :

  1. Informasi lokasi jaring pengamatan BMG.
  2. Interpolasi data pengamatan BMG.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.