#3 Langkah Awal Memulai Hidup Minimalis

Postingan di bawah ini merupakan materi Kelas Beberes Rumah disampaikan oleh Kak Devi Melissa yang diadakan oleh WLC (Women’s Learning Community) pada 27 September 2021 hingga 1 Oktober 2021. Saya share disini sebagai catatan pribadi dan supaya lebih banyak orang yang mendapatkan kebermanfaatan ilmu dari webinar ini. Semoga bermanfaat 🙂

.

✅ Aesthetic Minimalist

Tujuan dari jenis minimalism ini adalah clutter-free room atau ruangan yang rapih dan estetik. Yang menjadi fokus nya bukan mengurangi barang, tapi lebih ke arah merapihkan barang-barang yang ada supaya ruangan terlihat lebih rapih dan estetik.

✅ Eco Minimalist

Eco Minimalist adalah gabungan dari gaya hidup minimalis dan eco-friendly living atau zero-waste lifestyle. Dari sini kita pasti sudah paham bahwa tujuan dari eco minimalist ini adalah mengurangi penggunaan barang atau produk yang tidak ramah lingkungan termasuk mendaur ulang barang-barang agar bisa digunakan kembali daripada dibuang dan menambah sampah lingkungan. Jadi biasanya mereka mengganti barang-barang atau produk rumah tangga mereka dengan produk yang ramah lingkungan.

✅ Nomadic Minimalist

Jenis minimalism ini adalah orang-orang yang betul-betul membatasi jumlah barang mereka, karena yang mereka anggap penting itu bukanlah barang-barang secara fisik, tapi bagaimana mereka bisa bebas pergi traveling kemanapun dan kapanpun. Pengalaman yang baru untuk pergi ke tempat-tempat yang belum pernah mereka kunjungi dan berkenalan dengan orang-orang asing selama perjalanan, adalah hal-hal yang memberikan mereka kebagiaan. Jadi biasanya barang yang mereka miliki tidak lebih dari 50 jenis dan semuanya bisa masuk ke dalam 1 tas.

✅ Mindful Minimalist

Untuk jenis mindful minimalist, mereka berfokus pada kebahagiaan dan ketenangan, baik itu secara fisik maupun mental. Jadi biasanya pada saat declutter, untuk orang-orang yang condong ke mindful minimalist, mereka akan mempertanyakan ke diri mereka sendiri “apa baju ini membuat aku senang saat memakainya?” “Apa aplikasi dan grup chat ini membuat hidup ku lebih baik atau malah membuat aku semakin stress?”

Jadi tujuan dari mindful minimalist ini adalah memiliki keadaan yang lebih tenang, baik itu dari segi barang, emosi, dan pikiran.

✅ Practical Minimalist

Jenis minimalism ini bukanlah orang-orang yang mementingkan jumlah barang, tapi mereka lebih berfokus kepada fungsi yang di berikan dari barang-barang tersebut. Jadi biasanya mereka adalah orang yang cukup rasional, jika punya 1 gunting saja cukup kenapa harus punya 2? Tapi bisa juga mereka punya 2 handphone karena menurut mereka handphone kerjaan dan personal tidak bisa di gabung. Jadi tujuan dari gaya hidup practical minimalist ini adalah, bagaimana gaya hidup minimalis membantu kita untuk lebih produktif setiap harinya.

✅ Frugal Minimalist

Frugal artinya hemat, bukan pelit, frugal adalah orang-orang yang menggunakan uang nya untuk tujuan tertentu. Jadi jika digabungkan dengan gaya hidup minimalis, bagaimana gaya hidup minimalis bisa membantu kita untuk lebih banyak menabung. Kenapa bisa begitu? Karena dari gaya hidup minimalis kita belajar untuk mengurangi atau menahan diri dari keinginan sesaat, yang artinya adalah pengeluaran kita untuk hal-hal yang tidak penting juga akan otomatis berkurang.

✅ Gradual Minimalist

Gradual minimalis adalah orang-orang yang mengadaptasi gaya hidup minimalis secara perlahan-lahan, jadi mereka menikmati setiap prosesnya. Dan pada akhirnya biasanya mereka pasti akan lebih condong ke salah satu satu atau beberapa dari jenis gaya hidup minimalis yang dijelaskan sebelumnya.

Walaupun tidak ada yang benar dan salah dalam minimalism, namun bukan berarti gaya hidup minimalis tidak memiliki prinsip. Sampai saat ini masih banyak kita temukan beberapa pengertian atau pemahaman yang kurang tepat mengenai gaya hidup minimalis.

❌ Minimalism sedikit barang

Gaya hidup minimalis bukan hanya tentang barang, apalagi jumlah barang. Maka dari itu dari awal saya sering sampaikan penting nya kita mulai dari mindset atau cara pikir minimalis. Jika seseorang memiliki jumlah barang lebih sedikit dari kita, bukan artinya kita tidak minimalis, jumlah dan rasa cukup setiap orang dan keluarga bisa berbeda-beda sesuai dengan kebutuhannya.

❌ Minimalism karena tidak punya uang

Banyak orang yang berfikir mereka sudah menjadi seorang minimalis sejak lama karena mereka tidak punya uang untuk membeli barang. Itu sangat kurang tepat. Gaya hidup minimalis adalah pilihan, bukan karena tidak punya uang. Jika kita sudah memiliki mindset minimalis, walaupun kita mampu untuk membeli banyak barang, jika kita tidak benar-benar membutuhkannya makan kita tidak akan membelinya.

❌ Minimalism itu pelit

Sebagai seorang minimalist bukan artinya kita tidak mengeluarkan uang, apalagi pelit untuk diri sendiri. Dalam minimalism, terutama frugal minimalist, kita memilih untuk mengeluarkan uang untuk hal-hal yang benar-benar kita sukai atau memberikan kita kebagiaan yang sesungguhnya. Sebagai minimalist, kita memilih untuk mengeluarkan uang untuk membeli 1 tas yang betul-betul kita sukai, yang sudah dari lama kita idam-idamkan, dengan kualitas yang baik, daripada membeli 5 tas trendi-murah dengan kualitas yang buruk.

❌ Minimalism banyak2an declutter

Dalam hal declutter yang penting adalah proses, hal-hal apa saja yang benar-benar memberikan kita kebahagiaan sesungguhnya. Jadi bukan masalah jumlah barang yang di declutter, tapi proses untuk kita lebih memahami apa saja yang benar-benar memberikan kebahagiaan untuk kita.

❌ Minimalism Cuma boleh punya 1 barang

Sebagai seorang minimalist bukan berarti kita hanya bisa punya 1 barang, untuk sebagian barang ya, namun bukan semua barang. Jika memang kita perlu barang tersebut dua atau lebih, tentu tidak apa-apa. Semuanya Kembali lagi ke kebutuhan dan gaya hidup kita masing-masing.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.