Materi 5 – Kelahiran dan Sebelum Kenabian

Video Penunjang Materi 5

Rekaman Materi 5

Pertanyaan 1

Assalamu’alaikum, Tadz
ijin bertanya karena saya mengalami kesulitan memahami kalimat “Abdullah baru berusia 10 tahun, sedangkan Halimah
Pada note halaman 112 (Sirah Nabawiyah Ar-Rahiq karya Aqwam)
Yang dimaksud Abdullah di sini siapa?
Syukron

Jawaban Ust. Gilang

Note pada halaman tersebut tengah membahas tentang lemah atau dhoifnya sanad (riwayat) sebuah keterangan pada kisah di atas. Abdullah yang dimaksud adalah seorang perowi yaitu Abdullah bin Ja’far.

Pertanyaan 2

Assalamualaikum, ust izin bertanya, salah satu putra dari Qushay bin Kilab selain Abdu Manaf dan Abdud-Dar adalah Abdul Uzza, selanjutnya keturunanya yg terkenal Asad bin Abdul Uzza ( Bani Asad). Nah dalam pembahasan pembagian kewenangan di Mekkah. Keturunan Bani Asad tdk terlalu banyak di bahas, namun dari salah satu sumber bertangung jawab u/ menjaga Darun Nadwah (seperti keturunan Abdud-Dar). Apakah demikian?
Terima kasih ust🙏

Jawaban Ust. Gilang

Bani Asad termasuk dalam kelompok Quraisy Lembah (Quraisy al-Batha’), yaitu klan-klan suku Quraisy yang menetap di lembah kota Mekkah di area sekitar Ka’bah dan sumur Zamzam. Di masa pra-Islam, tugas Bani Asad adalah mengurus Dar an-Nadwah (rumah pertemuan) dan memimpin musyawarah klan-klan Quraisy dalam pengambilan keputusan bersama di kota Mekkah.

Pertanyaan 3

saya juga mau tanya terkait Fosil Aur yang ditemukan sebagai bukti Kaum Aribah, Tadz.

jawaban Ust. Gilang

Suku terdahulu yang dikenal di Yaman dari kalangan Arab Aribah adalah kaum Saba. Mereka bisa diketahui lewat penemuan fosil Aur, yang hidup dua puluh abad sebelum masehi (SM). Puncak peradaban dan pengaruh kekuasaan mereka dimulai pada sebelas tahun sebelum masehi.